Purwakarta

KPAI Dorong Pemda Bentuk LPKA

KPAI Dorong Pemda Bentuk LPKA

Cidahu.com – Guna menanggulangi kasus-kasus hukum yang melibatkan anak dibawah umur, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Kabupaten Purwakarta mendorong Pemerintah Daerah (Pemda) setempat untuk membentuk Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA).

“UU nomor 11 tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak (SPPA) secara yuridis merubah paradigma dalam penanganan Anak yang berhadapan dengan hukum, termasuk yang berkaitan dengan lembaga yang menanganinya dalam proses hukum tersebut, di Purwakarta belum ada LPKA, jadi anak-anak yang tersangkut hukum masih disatukan dengan orang dewasa,” ungka Sekretaris KPAI Kabupaten Purwakarta, Nunung Nurjanah, S.Pd, Rabu (13/4/2016).

Menurutnya, Anak adalah bagian yang tidak terpisahkan dari keberlangsungan hidup manusia dan keberlangsungan bangsa dan negara. UUD 45 secara tegas mengamanatkan bahwa negara menjamin hak setiap anak atas kelangsungan hidup, tumbuh, dan berkembang serta atas pelindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

“Keberadaan LPKA di Purwakarta sudah sangat mendesak, seyogianya hal ini bisa menjadi perhatian para pemangku kebijakan,” kata Nunung.

Adapun, yang berkaitan dengan sistim peradilan pidana Anak merupakan keseluruhan proses penyelesaian perkara Anak yang berhadapan dengan hukum mulai tahap penyidikan sampai dengan tahap pembimbingan setelah menjalani pidana.

Lalu, lanjut Perempuan yang juga aktivis IPPNU itu, secara subtansi dari LPKA nantinya, mengenai keadilan restoratif dan proses diversi, pada prinsipnya dimaksudkan sebagai upaya untuk menghindarkan dan menjauhkan Anak dari proses peradilan, penahanan dan pemenjaraan, perampasan kemerdekaan.

“Dan pemidanaan terhadap Anak hanya dapat dilakukan sebagai upaya terakhir, serta menghindarkan stigmatisasi terhadap Anak,” ujarnya. (CN-01)

Comments

Portal berita online Purwakarta

Copyright © 2017 Cidahu News by Jabar Media Net(work)

To Top