Headline

Bupati Banyuwangi Menilai Pendopo Purwakarta Sangat Merakyat

Bupati Banyuwangi Menilai Pendopo Purwakarta Sangat Merakyat

Cidahu.com – Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menjadi salah satu tamu kehormatan yang turut hadir dalam pembukaan acara World Village Conference hari ini, Senin (23/5/2016) di Purwakarta.

Acara yang dibuka secara langsung oleh Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi di Bale Nagri Purwakarta. Sejumlah delegasi berbagai negara di dunia juga tampak hadir untuk mengikuti acara yang akan digelar sampai tanggal 26 Mei 2016 di Kampung Adat Tajur Kecamatan Bojong Purwakarta ini.

Azwar Anas hadir di Bale Citra resmi mengikuti rangkaian acara kesenian yang sengaja dihelat oleh panitia penyelenggara sebelum akhirnya menuju Pendopo Purwakarta bersama rombongan tamu lain.

Saat memasuki area pendopo Purwakarta, Bupati yang dikenal dengan program “Smart Village” ini begitu takjub melihat pendopo yang asri dan terbuka untuk masyarakat yang datang.

“Ini pendopo sangat merakyat dapat dikunjungi siapa saja, tadi sempat berbincang dengan Pak Dedi katanya terbuka untuk umum meskipun di hari libur,” kata Azwar

Terlintas ide dalam pikiran Azwar untuk membuat pendopo Banyuwangi seperti pendopo Purwakarta yang ramah bagi siapapun yang datang.

“Ke depan saya akan mencoba mengobrol dengan Pak Dedi, ini bisa tidak ya ada kerjasama dalam berbagai bidang terutama penciptaan kultur. Termasuk kultur ramah dan nyaman yang beliau berhasil ciptakan di Purwakarta. Di Pendopo ini saya sungguh merasakan aura kenyamanan itu,” kata Azwar menambahkan.

Saat disinggung tentang World Village Conference yang baru saja dibuka. Azwar mengaku ingin sekali berbagi ilmu dan pengalaman. Menurut dia, desa menjadi entitas yang sangat penting hari ini karena semua komoditas pangan sebenarnya berasal dari desa. Masyarakat kota tinggal menikmati saja di pasar tradisional. Potensi desa harus terus digali agar tercipta “Smart Village” (Desa Pintar).

“Kalau di kota kan istilahnya “Smart City”. Kami di banyuwangi ada “Smart Village”. Belajar sedikit-sedikit tentang teknologi biar masyarakat desa pun faham cara berkompetisi,” kata pria berkacamata ini.

Di akhir paparannya, Azwar mengapresiasi gagasan tentang World Village Conference yang digagas oleh Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi. Ia menilai Dedi mampu menghadirkan tokoh-tokoh muda dari seluruh dunia yang peduli terhadap kehidupan pedesaan dan mau berbuat untuk membangun daerahnya.

“Gagasan Pak Dedi patut diapresiasi dan didukung oleh semua pihak. Disini saya merasa muda lagi karena berkumpul dengan anak muda. Gagasan Pak Dedi ini harus menjadi trend baru untuk mendobrak sentralisasi ekonomi di perkotaan agar pindah tersentral di pedesaan,” kata Azwar menutup paparannya. (Humas Setda Purwakarta)

Comments

Portal berita online Purwakarta

Copyright © 2017 Cidahu News by Jabar Media Net(work)

To Top