Headline

Mie Ayam Kang Dedi Telah Diuji Lab Sebelum Disantap Warga

Cidahu.com – Cara unik dilakukan oleh Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi agar masyarakat mau datang ke mesjid untuk salat tarawih hingga selesai.

Sejak hari pertama puasa, Kang Dedi sapaan akrab Bupati yang tengah menjabat untuk periode yang kedua ini melaksanakan kegiatan Tarling (Tarawih Keliling). Uniknya, Kang Dedi berpindah dari satu mesjid ke mesjid lain setiap malam dengan membawa gerobak mie ayam.

Meski mie ayam tersebut dibagikan secara cuma-cuma kepada warga setelah menjalankan salat tarawih sampai selesai tetapi soal rasa dan kualitas tidak perlu dipertanyakan. Mie ayam tersebut merupakan produk salah satu pedagang mie terkenal di Purwakarta tepatnya di kawasan Pasar Jum’at. Selain itu, sebelum mie ayam tersebut disantap warga, makanan tersebut rutin menjalani uji lab.

Seperti yang terlihat di halaman belakang pendopo Purwakarta pada Rabu (7/6) sore. Sejumlah petugas Dinas Kesehatan Purwakarta yang dikomandani oleh dr Deni Darmawan melaksanakan uji lab terhadap mie yang siap disajikan.

“Kita lakukan uji mulai dari kandungan formalin, nitrit, logam berat, tingkat keasaman, aksen sampai sianida,” jelas pria yang kini menjabat sebagai Kepala Bidang Promosi Kesehatan Dinkes Purwakarta tersebut disela pengujian.

Setelah menunggu beberapa waktu, sampel berupa mie, sayuran, ayam, bakso dan kusah itu dinyatakan tidak mengandung kandungan berbahaya sehingga dinilai layak konsumsi.

Sementara itu Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mengatakan meskipun mie ayam tersebut gratis akan tetapi harus tetap disajikan secara baik. Ia menilai unsur rasa, tampilan dan jaminan kesehatan harus terpenuhi untuk menghadirkan rasa nyaman di tengah masyarakat yang akan mengkonsumsi mie ayam tersebut.

“Kita harus mengajarkan masyarakat yang baik-baik, makanan yang kita sajikan harus terjamin dari aspek mutu dan kesehatan,” jelas Dedi saat ditemui di mesjid Al Falah Dusun Pangkalan Kecamatan Kiarapedes.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Dedi memilih tidak mempublikasikan bahkan memberi tahu mesjid mana yang akan dia kunjungi. Dia akan datang secara mendadak dengan membawa gerobak mie ayam yang siap untuk disantap oleh masyarakat setelah selesai menjalankan ibadah salat tarawih. (Humas Setda Purwakarta)

Comments

Portal berita online Purwakarta

Copyright © 2017 Cidahu News by Jabar Media Net(work)

To Top