Headline

Cara Menjaga Kesehatan di Bulan Puasa

Cara Menjaga Kesehatan di Bulan Puasa Ramadhan

Cidahu.com – Bulan Ramadhan adalah bulan istimewa di mana umat Islam harus menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Oleh karena itu, kita patut bersyukur karena diberi kesempatan karena bisa berjumpa lagi dengan bulan Ramadhan tahun ini. Akan tetapi, Anda harus tahu bagaimana cara menjaga kesehatan di bulan Ramadhan agar bisa menjalankan ibadah puasa dengan nyaman.

Sangat penting untuk menjaga kesehatan pada bulan Ramadhan. Dengan tubuh yang sehat, segala ibadah yang dilakukan pada bulan puasa bisa dilakukan tanpa ada gangguan. Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan agar tubuh tetap sehat pada bulan puasa agar ibadah yang dijalani tidak terganggu.

Membuat perencanaan makanan

Membuat daftar perencanaan makanan menjadi penting pada bulan Ramadhan. Meskipun ini bukan sebuah keharusan, namun manfaanya bisa dirasakan karena kita jadi tahu apa saja makanan yang akan dikonsumsi dan seberapa baik manfaatnya bagi tubuh. Dengan begitu, menu sahur dan berbuka akan lebih sehat sehingga menjadikan tubuh lebih bugar meskipun sedang puasa. Sebaiknya Anda hanya memasukkan menu makanan yang sehat dan seimbang dalam daftar perencanaan makanan yang dibuat. Hindari konsumsi makanan cepat saji ketika sahur maupun berbuka puasa.

Biasakan konsumsi makan sehat

Sebenarnya ini merupakan bagian dari perencanaan makanan yang harus dikonsumsi pada saat bulan puasa. Biasakan untuk makan makanan yang sehat seperti buah dan sayuran segar pada saat makan sahur maupun buka puasa. Usahakan untuk tidak terlambat bangun sahur, dengan begitu Anda bisa makan dengan nyaman tanpa terburu-buru. Makan dengan cepat dan terburu-buru bisa memicu gangguan kesehatan terutama yang berhubungan dengan pencernaan.

Tidur yang cukup

Cara menjaga kesehatan di bulan Ramadhan juga harus memperhatikan porsi tidur yang di dapat. Memang saat bulan Ramadhan begitu banyak kegiatan yang harus dilakukan sejak bangun sahur hingga malam hari setelah tarawih. Akan tetapi, Anda juga harus tidur cukup agar tidak ngantuk terutama pada waktu sahur. Jika pada malam hari Anda masih kurang tidur, sempatkan untuk tidur pada siang hari. Jangan sampai akibat kurang tidur tubuh malah menjadi drop dan jatuh sakit. Jika Anda sakit, malah nantinya tidak bisa menjalankan ibadah puasa.

Olahraga

Olahraga saat puasa juga sangat penting. Olahraga dapat membuat tubuh tetap bugar selama kita berpuasa. Dengan begitu, kita akan tetap sehat selama bulan Ramadhan. Olahraga saat puasa sebaiknya jangan melakukan olahraga yang berat. Cukup lakukan olahraga ringan asalkan sudah bisa membuat tubuh aktif sudah sangat bermanfaat.

Konsultasi dengan dokter

Hal ini penting terutama bagi yang menderita suatu penyakit seperti sakit maag atau diabetes. Sebelum berpuasa, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter agar bisa mendapatkan tips yang tetap untuk menjalani puasa Ramadhan.

Itulah beberapa cara menjaga kesehatan di bulan Ramadhan. Semoga bisa bermanfaat dan Anda tetap sehat selama berpuasa.

Comments

Portal berita online Purwakarta

Copyright © 2017 Cidahu News by Jabar Media Net(work)

To Top