Headline

Kementerian Lingkungan Hidup Bidik Dalang Pencemaran Rawa Kalimati

PN Purwakarta Sidangkan Kasus Pencemaran Kalimati

Cidahu.com – Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPN) Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) masih membidik dalang pencemaran lingkungan di Kalimati di Desa Cilangkap Kecamatan Babakan Cikao Kabupaten Purwakarta oleh material limbah diduga B3 dari batu bara, bekas pembakaran mesin boiler di PT. Indo Bharat Rayon (IBR).

Seperti diketahui, Kalimati semula berupa sungai mati yang bermuara di Sungai Citarum. Kalimati kini dangkal dan kasus itu kini sedang diadili di Pengadilan Negeri Purwakarta.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada Kejaksaan Negeri (Kejaru) Purwakarta menuntut PT IBR sebagai terdakwa korporasi dengan pidana denda Rp 1 miliar dan menjeratnya dengan Undang-undang (UU) Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup (PLH) Pasal 104 a jo Pasal 116 ayat (1) huruf a jo Pasal 119 jo Pasal 64 ayat (1) KUH Pidana. PT IBR juga dituntut untuk merehabilitasi Kalimati.

Tidak hanya menyeret PT IBR sebagai terdakwa korporasi, PPNS dan Kejaksaan Agung (Kejagung) juga hendak menyeret tersangka perorangan dari PT IBR ke pengadilan. Tersangka perorangan ini kata Anton, yakni yang bertanggung jawab atas pembuangan B3 ke Kalimati.

“Sehingga dalam kasus itu ada dua proses penyidikkan. Satu kasus yang kini sudah disidangkan dengan terdakwa korporasi dalam hal ini PT IBR dan penyidikkan untuk membuktikan siapa orang yang bertanggung jawab atas terjadinya tindak pidana lingkungan itu,” ujar Anton Sarjanto selaku Kepala Sub Direktorat (Kasubdit) KLH, melalui ponselnya, Jumat (10/6/2016).

Menyeret tersangka perorangan ke pengadilan dalam kasus dugaan tindak pidana lingkungan sangat dimungkinkan UU PLH. Terutama Pasal 116 ayat (1) huruf b, yang memuat subyek hukum perorangan yang terlibat memberi perintah terjadinya tindak pidana lingkungan.

“Penyelidikkan untuk tersangka perorangan sudah rampung dan kini berkasnya sudah berada di Kejagung. Mungkin tinggal tunggu pelimpahan dari Kejagung ke JPU di Kejari Purwakarta,” ujar Anton. (CN-01)

Comments

Portal berita online Purwakarta

Copyright © 2017 Cidahu News by Jabar Media Net(work)

To Top