Headline

Program Jampis Bisa Klaim Biaya Operasi Jantung

Cidahu.com – Pemerintah Kabupaten Purwakarta pastikan program Jaminan Purwakarta Istimewa (Jampis) bisa mengcover penanggulangan penderita penyakit jantung dengan pengobatan melalui operasi pemasangan ring jantung.

Padahal, pengobatan dengan cara itu cukup mahal, harganya bisa tembus Rp50 juta. Bahkan, BPJS un kabarnya tidak sanggup mengcover pengobatan jatung dengan sistim tersebut.

“Apapun itu termasuk pasien jantung, dengan dipasang ring bisa ditanggulagi oleh Jampis. Artinya warga (Purwakarta) tidak harus mengeluarkan biaya. Sebab, sudah ditanggung oleh Pemkab biayanya,” ujar Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi, belum lama ini.

Dia menjelaskan, Jampis merupakan program asuransi kesehatan khusus masyarakat Purwakarta. Program ini sudah digulirkan lebih dari lima tahun terakhir. Masyarakat yang tak tercover BPJS, mereka bisa berobat secara gratis oleh layanan Jampis, dengan catatan mereka merupakan warga asli Purwakarta.

“Program Jampis ini digulirkan dengan menjalin kerjasama antara Pemkab Purwakarta dengan 11 Rumah Sakit yang ada di Purwakarta, Jakarta dan Bandung. Salah satunya, RS Siloam Purwakarta. Jadi, pasien Jampis bisa dirujuk ke rumah sakit swasta tersebut,” kata dia.

Sementara itu, Direktur RS Siloam Purwakarta, Irwan Gandana mengatakan, pasien dengan kasus jantung dan pembuluh darah yang berobat ke rumah sakitnya cukup tinggi. Mencapai ribuan pasien setiap bulan. Mereka sebagian besar warga Purwakarta, Subang, dan Karawang.

“Tapi yang mendapat tindakan serius seperti pemasangan ring masih terbatas. Jumlahnya antara empat sampai delapan pasien setiap bulan. Kondisi ini disebabkan mahalnya biaya pemasangan ring. Untuk pemasangan ring tersebut, minimalnya pasien harus keluarkan biaya Rp 50 juta,” tutur dia.

Mahalnya biaya tindakan penyakit jantung ini, sebut Irwan, BPJS saja sejauh ini tidak mampuh mengcover. Pihaknya sudah berupaya dengan BPJS untuk bisa mengcover biaya oprasi pemasangan ring jantung sejak Februari lalu. Tapi sampai saat ini BPJS belum merespon.

“Tapi sementara ini khusus warga Purwakarta yang menderita jantung, bisa berobat dengan gratis dan bisa dipasang ring tanpa harus mengeluarkan biaya melalui program Jampis,” ujarnya. (CN-01)

Comments

Portal berita online Purwakarta

Copyright © 2017 Cidahu News by Jabar Media Net(work)

To Top