Headline

Keren… Sate Maranggi Purwakarta Menjadi Menu Utama Buka Puasa Presiden dan Ketua DPR RI

Cidahu.com – Sate Maranggi kembali mengundang decak kagum berbagai pihak. Setelah mengikuti Festival Kuliner di Filipina dan ada beberapa Food Truck Maranggi yang bernama OMG (Original Maranggi Grill) di Washington DC Amerika.

Kini makanan khas Kabupaten Purwakarta tersebut menjadi menu utama buka puasa bersama Presiden Jokowi dan Ketua DPR RI Ade Komarudin. Acara yang digelar Senin kemarin (20/6) di Rumah Dinas Ketua DPR RI Jl Widya Chandra III Jakarta Selatan ini turut pula dihadiri oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi langsung mengantarkan sendiri sate maranggi yang akan dihidangkan kepada para pejabat negara ini. Sebelumnya ia mengaku ditelepon oleh Ketua DPR RI yang juga merupakan koleganya di Partai Golkar bahwa Presiden Jokowi sangat ingin mencicipi kuliner khas Purwakarta yang sudah mendunia ini.

“Kemarin ditelepon Kang Ade, katanya Bapak Presiden titip pesan itu minta tolong ke Bupati Purwakarta agar membawa sate maranggi untuk buka puasa bersama,” kata Dedi bercerita kepada Humas Pemerintah Kabupaten Purwakarta.

Pria yang akrab disapa Kang Dedi ini juga menuturkan rasa bangga karena kuliner khas daerahnya menjadi menu utama di acara yang dihadiri oleh para pejabat negara ini. Ia merasa yakin bahwa momentum ini dapat menjadi pelecut semangat bagi para pedagang sate maranggi di Purwakarta untuk mengembangkan diferensiasi bumbu tanpa meninggalkan kekhasan sate yang pertama kali dibuat oleh perempuan tua bernama Mak Ranggi ini.

“Ini bagus untuk para pedagang, branding maranggi menjadi terangkat. Jadi, dulu sate maranggi dikenal sebagai makanan orang miskin yang kekurangan daging. Lihat saja kan dagingnya dipotong-potong kecil. Kini ternyata petinggi negara pun menjadikannya sebagai kudapan. Menu utama malah,” kata Dedi menguraikan sejarah Maranggi.

Dalam akun twitter pribadinya Presiden Jokowi sempat mencuitkan tentang sate maranggi saat dijamu oleh para CEO dari Korea Selatan yang berinvestasi di Indonesia. “Sate Maranggi dan Kopi Mandailing spesial santap siang bersama CEO Korea Selatan yang berinventasi di Indonesia – JKW,” ujar Jokowi dalam akun twitter @Jokowi. (*)

Comments

Portal berita online Purwakarta

Copyright © 2017 Cidahu News by Jabar Media Net(work)

To Top