Headline

PT. IBR Terbukti Lakukan Kejahatan Lingkungan Hidup

PT. Indo Bharat Rayon

Cidahu.com – Terbukti melakukan tindak kejahatan lingkungan hidup, Korporasi PT. Indo Bharat Rayon yang diwakili oleh Direktur Keuangan, Shivnath Agarwalla divonis penjara 1 tahun dengan masa percobaan 2 tahun, denda Rp1,5 miliar, Kamis (23/6/2016).

Selain kedua hukuman tersebut, Majelis Hakim yang dipimpin Barita Sinaga, SH, MH itu juga memvonis perusahaan yang berlokasi di Desa Cilangkap Kecamatan Babakan Cikao itu dengan sejumalah pidana tambahan diantarannya berupa; Clean Up (membersihkan limbah) di Rawa Kalimati.

“Pidana tambahannya, dengan biaya perusahaan, PT. IBR harus mengembalikan kondisi Rawa Kalimati seperti semula: harus clean up rawa tersebut, berkoordinasi dengan badan lingkungan hidup,” kata Barita dalam amar putusannya.

Sebelumnya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada Kejaksaan Negeri (Kejari) Purwakarta hanya menuntut PT. IBR dengan denda Rp1 miliar dan merehabilitasi Kalimati yang kini dangkal karena material limbah B3.

JPU sendiri mendakwa PT IBR dengan Undang-undang Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup Pasal 104 a jo Pasal 116 ayat (1) huruf a jo Pasal 119 jo Pasal 64 ayat (1) KUH Pidana.

Terhadap putusan hukuman akumulatif yang ditetapkan Majelis Hakim PN Purwakarta, baik JPU maupun Kuasa Hukum terdakwa menyatakan pikir-pikir. (CN-01)

Comments

Portal berita online Purwakarta

Copyright © 2017 Cidahu News by Jabar Media Net(work)

To Top