Headline

H-5, Arus Mudik Wilayah Purwakarta Cenderung Lancar

Arus Mudik Wilayah Purwakarta, Tol Jakarta - Cikampek

Cidahu.com – Kasat Lantas Polres Purwakarta, AKP Arman Sahti mengatakan jajaran sudah menyiapkan langkah-langkah (rekayasa) yang akan dilakukan jika menghadapi kepadatan arus mudik yang akan terjadi di wilayah hukum Purwakarta.

“Sementara ini, pada arus mudik H-5 di wilayah hukum Polres Purwakarta situasi masih terpantau cenderung lancar,” kata Arman, Jumat (1/7/2016).

Dari pantauan, situasi arus mudik di wilayah hukum Polres Purwakarta pada 1 Juli 2016 (H-5) sebagai berikut; untuk Jalur Tol Cipali yang masuk wilayah Purwakarta pada KM 72-82 (10 KM) terpantau lancar dengan kecepatan 70-80 kilometer perjam dengan rata-rata jumlah kendaraan dari arah Jakarta-Karawang menuju arah Cirebon mencapai 35-40 kendaraan permenit.

Sementara untuk Tol Purbaleunyi; wilayah Purwakarta dari KM 69-100 (31 KM) terpantau lancar dengan kecepatan kendaraan 70-80 kilometer perjam dengan rata-rata 55-60 kendaraan permenit dari arah Jakarta-Karawang menuju arah Tengah dan Selatan (Bandung).

“Untuk situasi di GT pada pukul 13.00, GT Cikampek/Bungursari: nihil antrian, GT Sadang: nihil nntrian, GT Ciganea/Jatiluhur: nihil antrian, dan eks GT Cikopo Tol Cipali: lancar non transaksi,” beber Arman.

Kemudian untuk arus mudik pada jalur jalan provinsi Cikopo – Sadang – Kota Purwakarta – Ciganea – Sukatani – Darangdan menuju Bandung Barat/Cimahi, situasi terpantau normal lancar terkendali. Dan untuk jalur arteri Sadang-Campaka-Cibatu ke arah Subang masih terpantau lancar belum ada kepadatan arus lalu lintas. “Untuk jalan dalam Kota Purwakarta, terpantau ramai lancar terkendali,” imbuhnya.

Menurutnya, ada perbedaan rekayasa arus arus mudik pada tahun lalu yaitu, X di GT Cikopo Tol Cipali dimana sudah tidak ada lagi antrian pembayaran dan penggantian kartu karena sudah terintegrasi antara pengelola tol Jasa Marga dan LMS.

Diketahui pada rekayasa lalu lintas arus mudik sebelumnya, pertama; apabila Tol Cipali padat dan mengekor sampe KM 72. Maka arus lalu lintas dialihkan di kM 72 melalui gerbang Tol Cikampek, Simpang Cikopo dan Simpang Mutiara dan Jomin.

Kemudian, apabila jalur Pantura padat, maka arus lalu lintas di Simpang Cikopo akan dialihkan melalui Simpang Sadang, Cibatu – Gerbang Tol Kalijati. Menurut Arman, Cara Bertindak terakhir adalah, apabila Gerbang Tol Sadang dan Gerbang Tol Ciganea (Jatiluhur) sudah padat maka arus lalu lintas akan dialihkan melalui Tol Purbaleunyi.

Arman menghimbau untuk para pemudik yang menggunakan jalur Tol Cipali agar tetap waspada dan mempersiapkan semaksimal mungkin baik stamina pengemudi maupun kondisi kendaraan.

“Kita himbau, untuk pengguna kendaraan bermotor yang akan mudik agar mempersiapkan segala sesuatunya termasuk kondisi badan. Apabila ngantuk, lelah agar beristirahat di rest area atau keluar gerbang tol terdekat untuk istirahat. Jangan berenti atau istirahat di bahu jalan. Jaga jarak aman kendaraan, kurangi kecepatan dan tidak menyalip dari kiri atau tidak melalui bahu jalan,” demikian Arman. (CN-01)

Comments

Portal berita online Purwakarta

Copyright © 2017 Cidahu News by Jabar Media Net(work)

To Top