Headline

Bupati Purwakarta : Perda Purwakarta Istimewa itu Sebuah ‘Legacy’

Bupati Purwakarta Dorong Mendagri Pertimbangkan Usulan Soal Perjalanan Dinas Dewan

Cidahu.com – Pengajuan Pemerintah Kabupaten Purwakarta atas sebuah Perda yang mengatur hak dan kewajiban pemerintah berikut hak dan kewajiban warga nampaknya akan segera terealisasi.

Rancangan peraturan daerah bernama “Pelayanan Masyarakat Purwakarta Istimewa” itu kini telah memasuki tahap pembahasan. Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi saat ditemui di Rumah Dinasnya Jl Gandanegara No 25 Purwakarta, Kamis (14/7) terlihat antusias menjelaskan Perda yang ia sebut sebagai ‘Legacy’ atau warisan pusaka ini.

Antusiasme Bupati yang akrab disapa Kang Dedi ini dikarenakan melalui Raperda tersebut dirinya akan mendorong masyarakat madani yang berkeadaban. Ia menilai seluruh upaya yang dia lakukan harus memiliki dasar konstitusi yang jelas, perda ini wujud konstitusi tersebut.

“Kalau kita bicara kedudukan pemerintah tentu kan memiliki hak dan kewajiban, bicara kedudukan masyarakat tentu memiliki hak dan kewajiban. Aspek konstitusinya kemudian kita atur sedemikian rupa sehingga ini bisa menjadi pembelajaran bagi kita untuk taat pada konstitusi,” jelas Dedi.

Dedi pun sempat menjelaskan lingkup kebijakan publik yang menjadi objek hukum dalam Raperda tersebut. Ia berujar pemerintah wajib memenuhi seluruh seluruh aspek yang berkaitan dengan kebutuhan publik. “Disitu ada kewajiban negara seperti penyediaan infrastruktur, ruang publik, keamanan dan ketertiban termasuk pelayanan bidang kesehatan dan pendidikan,” kata Dedi menambahkan.

Setali tiga uang, masih menurut Dedi masyarakat pun harus tunduk pada Perda tersebut. “Masyarakat sama juga, wajib melindungi fasilitas umum, menjaga lingkungan, harus mau gotong royong satu sama lain. Saling menghormati dan mengasihi,” ujar Dedi.

Sementara itu anggota DPRD Kabupaten Purwakarta dari Fraksi PKB Hidayat mengatakan dia dan seluruh koleganya di DPRD memang sedang berkonsentrasi menyelesaikan Raperda tersebut karena jauh hari draft Raperda tersebut sudah diterima oleh DPRD. “Sudah kami terima dan sedang dibahas. Insya Allah segera selesai,” kata Hidayat singkat. (Humas Setda Purwakarta)

Comments

Portal berita online Purwakarta

Copyright © 2017 Cidahu News by Jabar Media Net(work)

To Top