Headline

Marhaenisme Ala Bupati Purwakarta

Cidahu.com – Program budak angon yang dicanangkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta sejak 2013, dalam hal ini sebagai pemerakarsa Bupati Dedi Mulyadi, diklaim menjalankan Marhaenisme ala Presiden Republik Indonesia (RI) pertama, Ir Soekarno.

Budak angon merupakan pemberian hewan ternak mulai kambing dan anak sapi kepada pelajar untuk diternakkan hingga dewasa dan beranak pinak. Sehingga, hewan ternak itu dimiliki sendiri dan bernilai ekonomi dan budak angon mendapat nilai ekonomi dari usaha ternaknya itu.

Sedangkan Marhaenisme ajaran Soekarno menekankan agar setiap masyarakat untuk menguasai dan memiliki alat produksi sendiri untuk kelangsungan hidup sehingga tidak ketergantungan pada pihak lain. Terlebih, kata Soekarno, tidak ada penghisapan manusia atas manusia atau beristilah ’exploitation de l’homme par I’homme.

Istilah Marhaen dikatakan Soekarno merujuk pada seorang petani di Bandung selatan yang memiliki semua alat produksinya sendiri, mulai dari sawah hingga seperangkat alat untuk mengolah sawah.

“Orang menyebut budak angon itu kelainan dari ajaran Marhaenisme silahkan saja. Yang penting, tujuannya budak angon itu agar pelajar terbiasa beternak,” ujar Dedi di Jalan Ganda Negara Purwakarta, Selasa (26/7/2016).

Dengan beternak sang budak angon akan terbiasa cari rumput untuk makan ternaknya. Dengan diberi makan, hewan ternak akan tumbuh dewasa dan berkembang biak.

“Dan yang pasti dimiliki sendiri serta bernilai ekonomis. Bisa untuk kelangsungan hidupnya sendiri,” ujar Dedi.

Selama ini, kata dia, di Purwakarta saja, banyak orang tua yang menternakan hewan ternak seperti kambing dan sapi. Setiap hari, mereka mencari rumput dan merawat hewan ternak milik orang lain dengan bayaran tidak seberapa.

“Saat hewan yang diternakannya beranak pinak, atau dijual yang untung bukan si buruhnya ini, tapi sang pemilik hewan ternak. Berangkat dari fenomena itu lah saya mencanangkan program budak angon agar kelak nanti orang Purwakarta punya alat produksinya atau hewan ternaknya sendiri,” ujar Dedi. (CN-01)

Comments

Portal berita online Purwakarta

Copyright © 2017 Cidahu News by Jabar Media Net(work)

To Top