Headline

PD Dorong Desa Miliki Website

Cidahu.com – Mendukung kebijakan transparansi anggaran, Pendamping Desa (PD) dorong setiap desa di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, miliki media informasi desa.

“Kedepan, semua desa harus miliki media informasi desa, seperti website desa bersangkutan misalnya,” kata Tenaga Ahli Pendamping Desa Kabupaten Purwakarta, Oyang Este Binos, S.Fil.I, Kamis (4/8/2016).

Menurut dia, media informasi desa penting tidak hanya berfungsi sebagai ajang sosialisasi program desa kepada masyarakat, lebih dari itu untuk merealisasikan semangat transparansi pengelolaan anggaran di tingkat desa.

Apalagi, pasca diundangkannya UU No 6 Tahun 2014 tentang Desa, tiap desa ditarget mendapat suplai anggaran lebih Rp 1 miliar pertahun. Belum dana tambahan dari daerah. Makanya, realisasi ini perlu benar-benar dikawal.

“Dan keberadaan media informasi juga jadi bagian dari komitmen desa mengelola anggaran secara baik, dan transparan,” ujarnya.

Bentuk media informasi cukup banyak. Dimulai dari yang paling sederhana dan klasik, seperti halnya papan pengumuman biasa, hingga berupa aplikasi online sejenis website. Tujuan keduanya sama, mempermudah publik mengakses informasi desa. Dari sini, diharapkan, partisipasi publik meningkat.

Lebih dari itu, lanjut Binos, keberadaan media informasi juga penting sebagai jendela desa. Dimana, orang bisa leluasa meneropong setiap potensi di desa tersebut. Sehingga sekecil apa pun potensi yang dimiliki bisa digali optimal.

“Jika sudah begini, maka cita-cita membangun desa kuat, mandiri, sejahtera dan semokratis dipastikan bisa terwujud,” tegasnya. (CN-01)

Comments

Portal berita online Purwakarta

Copyright © 2017 Cidahu News by Jabar Media Net(work)

To Top