Headline

Ini Syarat Mendapatkan Website Gratis untuk Desa

Ini Syarat Mendapatkan Website Gratis untuk Desa

Cidahu.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bekerja sama dengan Pengelola Nama Domain Indonesia (PANDI) dengan program membagikan satu juta domain ekstensi berakhiran .id secara cuma-cuma.

Pembagian domain .id tersebut berlangsung dua tahap yaitu 500 domain dibagikan pada akhir tahun 2015 dan sisanya dilakukan pada tahun 2016.

Perlu diketahui domain gratis ini bukan ekstensi .id tetapi turunannya, contoh seperti .desa.id untuk desa, .co.id untuk UMKM, .ponpes.id untuk pondok pesantren dan sch.id untuk sekolah/universitas.

Kabarnya pemerintah desa di Kabupaten Purwakarta wajib memiliki sebuah media informasi desa, seperti website desa sebagai ajang sosialisasi program desa kepada masyarakat, lebih dari itu untuk merealisasikan semangat transparansi pengelolaan anggaran di tingkat desa.

Nah, Apa Syarat Mendapatkan Website Gratis untuk Desa?

Kepala Desa / Sekretaris Desa (Sekdes) yang bersangkutan dapat mengajukan untuk mendapatkan domain dengan ekstensi .desa.id beserta hosting gratis selama satu tahun. Tahun berikutnya menjadi tanggungjawab desa bersangkutan.

Nama Domain Persyaratan (Pendaftaran baru saja)
.DESA.ID –  Surat Permohonan (lihat contoh formatnya)
–  SK Pengangkatan Kepala Desa
–  SK Pengangkatan Aparat Desa
–  Surat Kuasa (lihat contoh formatnya)

 

Nama domain harus sesuai dengan kriteria penamaan atau bisa disesuaikan dengan nama masing-masing desa, misalnya Desa Kertajaya bisa memakai kertajaya.desa.id, Desa Sawahkulon sawahkulon.desa.id, Desa Pasawahan Anyar pasawahananyar.desa.id.

Namun jika nama domain tersebut tidak bisa didaftarkan atau sudah digunakan oleh desa di luar Purwakarta, misalnya Desa Cidahu Pasawahan Purwakarta ingin memiliki website dengan domain cidahu.desa.id sedangkan nama domain tersebut tidak bisa digunakan/ sudah dipakai oleh desa selain di Purwakarta yaitu desa dari Sukabumi. Alternatifnya bisa memakai nama lain misal cidahupwk.desa.id atau nama domain lain yang tidak bertentangan dengan HaKI, IPR, Hak Paten/Merk.

Tahap Mendaftar Domain .DESA.ID

Untuk mendaftarkan domain .desa.id di situs Registrar Domain Instansi Penyelenggara Negara (domain.go.id) terlebih dahulu harus membuat akun pengguna. Namun untuk membuat akun pengguna domain.go.id wajib menggunakan email dengan ekstensi domain .go.id.

Jika di desa bersangkutan ada Sekretaris Desa (Sekdes) yang sudah diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan jika Sekdes tersebut memiliki email dengan akhiran .go.id contoh wan.sekdescidahu@purwakartakab.go.id maka bisa menggunakan email itu.

Namun jika tidak mempunyai email dengan ekstensi akhiran go.id dan jika tidak ada PNS, maka Kepala Desa atau Sekretaris Desa bersangkutan bisa membuat/ mendaftarkan email dengan akhiran @desa.pnsmail.go.id.

Untuk mendaftarkan email @desa.pnsmail.go.id bisa mengajukannya dengan cara mengirimkan email ke pendaftaran@pnsmail.go.id (bisa mengunakan Gmail) dengan cara sebagai berikut;

Subjek : Pendaftaran Email Desa (contoh Desa Cidahu)

Nama Lengkap : Sesuai KTP
Jabatan :
Unit Kerja : Nama Desa
Nomor HP :
Email yang diajukan : namapengguna.namadesa@desa.pnsmail.go.id misalnya wawan.cidahu@desa.pnsmail.go.id
Lampiran : Surat Keputusan Pengangkatan Perangkat Desa (di scan/ foto format .JPG ukuran max. 1MB)

Contoh Pengajuan Pendaftaran Email @desa.pnsmail.go.id

Contoh Pengajuan Pendaftaran Email

Lama persetujuan dan pembuatan akun email @desa.pnsmail.go.id antara 1-4 hari kerja. Untuk lebih lengkapnya bisa dilihat disini.

Jika sudah memiliki email dengan akhiran .go.id bisa langsung membuat akun dan membuat domain .desa.id di Registrar Domain Instansi Penyelenggara Negara melalui website domain.go.id. Atau bisa hubungi pendamping resmi dalam program satu juta domain sesuai wilayah kerja yang telah ditetapkan. (ONE)

Comments

Portal berita online Purwakarta

Copyright © 2017 Cidahu News by Jabar Media Net(work)

To Top