Headline

Ki Jaga Raksa Kembali ke Bale Nagri

Cidahu.com – Setelah selesai menjalankan tugas membawa Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi Republik Indonesia pada peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 71 tahun di Jakarta, Kereta Kencana Ki Jaga Raksa yang merupakan kereta kencana milik Pemkab Purwakarta akhirnya dikembalikan.

Kereta Kencana Ki Jaga Raksa tiba di parkiran Pendopo Pemkab Purwakarta Rabu (17/8) sekitar pukul 23.00 WIB dan diarak menuju Bale Nagri dengan pengawalan anggota TNI dan Polri yang membawa senjata lengkap serta anggota Paskibra Purwakarta.

Kepulangan Ki Jaga Raksa ke Purwakarta disambut dengan tarian Dangiang Ki Sunda yang tampil apik dengan iringan gamelan. Dalam tarian itu lagi-lagi sosok wanita cantik berkostum hijau yang menggambarkan Nyi Ratu Kidul tampak paling menonjol di antara penari lain.

Setelah tarian selesai, Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi menerima kotak kayu berwarna coklat dimana kotak tersebut berisikan bendera pusaka milik Pemkab Purwakarta dari penari yang berperan sebagai Nyi Ratu Kidul untuk disimpan kembali di Bale Nagri.

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mengatakan, rangkaian penyambutan ini sengaja dilaksanakan sebagai bentuk penghormatan Ki Jaga Raksa yang telah menjalankan tugasnya membawa bendera pusaka dari Monumen Nasional (Monas) ke Istana Negara di Jakarta.

“Dengan digunakannya kereta kencana Ki Jaga Raksa pada peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini, menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Purwakarta,” kata Dedi kepada awak media yang hadir dalam acara tersebut.

Dedi juga menjelaskan, dulu Purwakarta kurang dikenal oleh masyarakat banyak, tapi setelah Ki Jaga Raksa menjadi pembicaraan di berbagai televisi, surat kabar cetak maupun media online sebagai kereta kencana pembawa bendera pusaka, sekarang Purwakarta dikenal sebagai daerah di Jawa Barat yang memiliki spirit kebudayaan yang kuat.

“Nantinya kereta kencana Ki Jaga Raksa akan kembali kita gunakan pada tanggal 27 Agustus itu menjadi spirit tersendiri bagi agar kebudayaan Sunda bisa lebih menusantara,” pungkas pria yang selalu mengenakan pakaian khas Sunda tersebut. (CN-02)‎

Comments

Portal berita online Purwakarta

Copyright © 2017 Cidahu News by Jabar Media Net(work)

To Top