Headline

FK-PKBM Minta Jangan Bedakan Ijazah Paket Dan Ijazah Formal

Cidahu.com – Adanya beberapa laporan dari masyarakat terkait adanya perbedaan antara masyarakat pemilik ijazah Paket dengan ijazah formal mendapat tanggapan dari Forum Komunikasi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (FK-PKBM) Purwakarta.

Ketua FK-PKBM Purwakarta Denny Ramdhany meminta agar pemilik ijazah keseteraan baik A, B, dan C tidak dibedakan terutama ketika akan melamar ke perusahaan swasta maupun untuk melamar CPNS.
Denny juga menjelaskan, pemilik ijazah kesetaraan baik A, B, dan C acap kali menjadi permasalahan.

“Apalagi ketika mereka yang menggunakan ijazah tersebut duduk sebagai pejabat ada aja masalahnya dan saya menyayangkan prilaku diskriminatif seperti ini,” jelasnya.

Denny juga mengungkapkan, yang mengeluarkan ijazah paket atau kesetraan ialah pemerintah sama dengan ijazah formal. Jadi pengguna ijazah kesetaraan tidak boleh dibedakan.
Padahal menurutnya, tidak sedikit mereka yang mempunyai ijazah persamaan duduk di kursi legislatif. Tak menutup kemungkinan ada juga yang duduk sebagai pejabat pemerintah seperti kepala desa dan pejabat lainnya.

“Kami kembali tegaskan baik saat penerimaan CPNS maupun penerimaan karyawan di perusahaan swasta tidak boleh menolak pelamar dengan alasan menggunakan ijazah kesetaraan. Sebab ijazah mereka sama dengan ijazah formal sama-sama program pemerintah,” paparnya.

Deni juga mengatakan mekanisme perekrutan peserta ujian kesetaraan yang ikut program paket B maupun C merupakan siswa yang terdaftar di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat yang yang tersebar di setiap kecamatan di Purwakarta.

“Kita berupaya untuk memotifasi mereka agar bisa lulus dalam ujian, kita berharap mereka tidak kecil hati terutama yang gagal di formal sebab mereka juga tetap bisa masuk perguruan tinggi dengan ijazah paket,” katanya.

Untuk diketahui masyarakat yang sudah mengikuti program paket pada tahun ajaran 2015-2016, sudah mencapai angka 1760 warga belajar dari 17 kecamatan di Puwakarta, jumlah tersebut dihitung dari 3 program yaitu paket A,B dan C. (CN-02)

Comments

Portal berita online Purwakarta

Copyright © 2017 Cidahu News by Jabar Media Net(work)

To Top