Headline

KPD Purwakarta Dorong Komisi II Percepat Pembentukan Raperda BUMDes

Cidahu.com – Komunitas Peggiat Desa (KPD) Kabupaten Purwakarta melakukan audiensi dengan Komisi II DPRD Purwakarta perihal Raperda BUMDes di ruang komisi.

Audiensi dihadiri oleh anggota Komisi II DPRD Purwakarta, Asep Milah. Dia mengatakan saat ini Komisi II masih membahas Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Audiensi KPD dengan Komisi II menjadi masukan penting payung hukum BUMDes dapat mengakomodir seluruh kepentingan masyarakat desa.

“Jangan sampai Perda ini hanya menuhan lemari. Membuat Raperda gampang cuman masalahnya esensinya apa?, kita harap KPD dan pegiat desa lain memberi masukan positif,” jelas Asep Milah, Selasa (6/9/2016).

Ketua KPD Purwakarta, Deden Yasin mendorong agar Komisi II dapat menyelesaikan produk hukum Raperda BUMDes yang merupakan perubahan dari Perda Nomor 6 tahun 2008 tengang BUMDes. Produk hukum ini sangat penting untuk mendorong desa mandiri melalui BUMDes, sekaligus membendungi persoalan ekonomi di desa.

“BUMDes dapat mengantisipasi inflasi, melalui BUMDes alur proses ekonomi lebih panjang dan bertahap-tahap sehingga perputaran uang terjadi di desa,” tuturnya.

Melalui BUMDes ini masyarakat desa diajak lebih mandiri dengan memiliki badan usaha desa dengan payung hukum Perda BUMDes. Raperda BUMDes membuka kesempatan desa membangun ekonominya.

“Dengan BUMDes ini masyarakat ikut terlibat dalam proses perencanaan, hingga pelaksanaannya. Filosofinya desa membangun,” tuturnya.

Menurut Asep Milah melalui audiensi ini KPD dapat membuat conter draft dari Raperda BUMDes sebagai bahan pertimbangan Komisi II melengkapi dokumen Raperda.

“Silahkan dari KPD mencatatkan poin-poin yang sekiranya kurang, sehingga Raperda ini lebih komplit dan kaya masukan,” jelasnya.

Raperda BUMDes merupakan usulan Komisi II DPRD Purwakarta tahun 2016. Selain Raperda BUMDes, Komisi II tahun ini mengusulkan Raperda penghapusan aset, dan Raperda Retribusi Pengendalian Menara Telekomunikasi. (CN-01).

Comments

Portal berita online Purwakarta

Copyright © 2017 Cidahu News by Jabar Media Net(work)

To Top