Purwakarta

Menteri Pariwisata Puji Terobosan Kang Dedi Bangun Museum Digital

Cidahu.com – Menteri Pariwisata Arief Yahya memuji langkah Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi yang mampu menghadirkan nuansa pariwisata berbasis pendidikan berupa museum digital di Purwakarta.

Dalam kunjungannya sore ini, Jum’at (6/11) di Museum Digital Diorama Bale Panyawangan Tatar Sunda Purwakarta, Menteri Arief mengatakan digitalisasi arsip sejarah yang ada di museum ini membuat nyaman para pengunjung yang datang untuk menginternalisasi nilai sejarah.

Ditambah menurutnya, cara ini dapat memberikan informasi peristiwa sejarah yang lebih mendetail.

“Sangat unik, Purwakarta berani melakukan terobosan ini, bagus,” ungkap Menteri Arief di Museum Diorama ditemani Bupati Dedi.

Situasi kepariwisataan semacam ini menurut Arief tidak bisa dilepaskan dari pengaruh kepemimpinan yang kuat dan komitmen tinggi dalam pengelolaan dan usaha memperkenalkan wilayah.

Menteri Arief yang datang membawa staff kementerian yang dia pimpin, sempat berkeliling museum dan melihat berbagai tampilan berisi peristiwa sejarah Purwakarta dan Tatar Sunda. Simulator berupa sepeda onthel pun turut dicoba Menteri Arief sambil membonceng Bupati Dedi.

“Tadi keliling Purwakarta pakai simulator sepeda onthel,” ujarnya.

Dalam rangka mendorong tingkat kunjungan ke tempat wisata di Purwakarta, Menteri Arief mengusulkan agar kabupaten terkecil kedua di Jawa Barat ini meningkatkan networking sebagai media promosi. Ia meyakini, jika networking diperkuat, maka Purwakarta akan dikenal sebagai mini Indonesia.

“Purwakarta ini sudah menjadi mini Indonesia, hanya begini saran saya, networking harus diperkuat untuk memperkenalkan ini semua, agar Purwakarta benar-benar dikenal, secara faktual sudah kita lihat toh, ini harus diketahui,” ujar Menteri Arief kembali.

Secara institusi, Menteri Arief mengaku siap membantu promosi pariwisata di Purwakarta melalui jajaran kementerian yang dia pimpin, mengingat secara geografis, Purwakarta merupakan daerah strategis yang mudah untuk dipromosikan.

“Kami siap membantu agar sektor pariwisata di Purwakarta terus menggeliat, komitmen bupatinya luar biasa, harus dicontoh saya kira,” pungkas Arief

Portal berita online Purwakarta

Copyright © 2017 Cidahu News by Jabar Media Net(work)

To Top