Headline

Peranan Sektor Pariwisata Dalam Pengembangan Ekonomi Warga Desa

Cidahu News – Dalam era globalisasi saat ini, sektor pariwisata saat ini telah menjadi salah satu industri terbesar dan terkuat di dunia, dan pariwisata merupakan penyumbang terbesar dalam pemasokan pendapatan terutama dalam hal perekonomian masyarakat dan negara. Kegiatan pariwisata sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat mulai dari masyarakat yang ada di kota sampai pada masyarakat yang ada di desa (Adirozal, Zulkarnain Harun, Tahun IV No 6 Juli – Desember 2002). Pada masyarakat, terutama yang peduli akan kemajuan ekonomi di desanya atau yang ingin meningkatkan perekonomian di keluarganya ataupun perekonomian pada dirinya sendiri mulai menyadari akan pentingnya peranan dari pariwisata untuk mendongkrak peningkatan pendapatan ekonomi mereka.

Kegiatan pariwisata ini dilakukan oleh masyarakat tersebut untuk mendorong kemajuan perekonomian masyarakat setempat dan tidak dapat dipungkiri bahwa kemajuan perekonomian dalam suatu negara juga ikut berpengaruh karena kemajuan perekonomian dari masing-masing daerahnya dan beban yang ditanggung oleh negara pun ikut berkurang karena masing-masing dari daerahnya ikut berpartisipasi secara aktif dalam pembangunan ekonomi daerah mereka. Hal ini membuktikan bahwa peranan pariwisata dalam pembangunan ekonomi dari suatu masyarakat ataupun dari suatu negara sangatlah besar.

Tetapi pariwisata bukan saja menyangkut masalah ekonomi, melainkan juga masalah sosial, budaya, politik dan seterusnya.

Di dalam Undang-undang No 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan pada pasal 4 dijelaskan bahwa kepariwisataan bertujuan untuk:

a. meningkatkan pertumbuhan ekonomi;

b. meningkatkan kesejahteraan rakyat;

c. menghapus kemiskinan;

d. mengatasi pengangguran;

e. melestarikan alam, lingkungan, dan sumber daya;

f. memajukan kebudayaan;

g. mengangkat citra bangsa;

h. memupuk rasa cinta tanah air;

i. memperkukuh jati diri dan kesatuan bangsa; dan

j. mempererat persahabatan antar bangsa.

Peranan dari sektor pariwisata dalam pembangunan ekonomi daerah atau bahkan dalam pembangunan ekonomi negara sangatlah besar peranannya. Disamping itu peranan atau partisipasi dari masyarakat setempat untuk terus meningkatkan kualitas dari tempat-tempat wisata di daerah mereka untuk dapat menarik wisatawan agar mereka mengunjungi wilayahnya juga sangat dibutuhkan agar peningkatan perekonomian dan kesempatan-kesepatan pekerjaan masyarakat tidak hanya berlangsung pada saat-saat tertentu saja tetapi dapat berlangsung secara terus-menerus. Dengan demikian angka pengangguran dari masyarakat akan berkurang Karena salah satu keuntungan dari sektor pariwisata adalah telah terciptanya lapangan-lapangan pekerjaan yang baru dan kesempatan-kesempatan kerja yang baru sehingga pendapatan perekonomian dari masyarakat tersebut akan meningkat dan kesejahteraan masyarakat tersebut pun akan dapat terjamin.

Dalam pengembangan pariwisata diperlukan kerjasama atau partnership antara pemerintah dan masyarakat setempat untuk meningkatkan pemberdayaan ekonomi lokal di samping dapat meningkatkan pendapatan masyarakat yang merata dan juga dapat mengurangi pengangguran.

Hendaknya masyarakat ikut turut serta berpartisipasi secara aktif dalam upaya pengembangan pariwisata karena partisipasi masyarakat sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan dari pariwisata itu sendiri.

Pariwisata merupakan potensi yang harus dikembangkan dan dijaga kelestariannya tidak hanya oleh pemerintah, tetapi masyarakat juga harus turut mengambil bagian dalam upaya tersebut agar kemanfaatannya dapat dirasakan bersama.

Comments

Portal berita online Purwakarta

Copyright © 2017 Cidahu News by Jabar Media Net(work)

To Top