Wisata

Merambah Baluran, Surga kecil di Timur Pulau Jawa

Indonesia memiliki banyak wisata alam yang mendunia, salah satunya ialah Taman Nasional Baluran. Taman Nasional ini sering disebut sebagai Africa Van Java atau Little Africa karena tempatnya yang mirip dengan hutan-hutan di Afrika sana. Baluran merupakan sebuah kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli yang digunakan untuk wisata, penelitian  dan budidaya flora dan fauna.

Taman Nasional Baluran terletak di daerah Banyuwangi (sebelah utara), Situbondo, Banyuputih dan Wongsorejo. Nama Baluran sendiri diambil dari nama gunung yang berada di daerah ini, yaitu gunung Baluran. Kawasan Taman Nasional Baluran ini terdiri atas zona inti seluas 12.000 hektar, zona pemanfaatan intensif seluas 800 Hektar, zona rehabilitasi seluas 783 Hektar, zona rimba seluas 5.537 Hektar,  dan zona pemanfaatan khusus seluas 5.780 Hektar. Dengan luas sekitar 25.000 hektare baluran memiliki berbagai macam tipe hutan, satwa dan tumbuhan. Tak jarang banyak orang yang mengatakan baluran sebagai miniatur hutan di Indonesia. Beberapa tipe hutan yang ada di tempat ini ialah hutan musim, hutan pantai, hutan pegunungan bawah, hutan rawa dan hutan vegetasi savana. Namun sebanyak 40% diantaranya merupakan dari vegetasi savana.

Taman Nasional ini memiliki sekitar 444 jenis tumbuhan khas dan diantaranya ialah tumbuhan yang mampu beradaptasi hidup di tempat ini seperti  widoro bukol, pilang dan mimba. Serta beberapa tumbuhan lain seperti kemiri, asam jawa, gadung, kendal, sepuh dan salam. Selain itu terdapat beberapa satwa liar dengan jumlah hewan mamalia sekitar 26 jenis diantaranya ialah kerbau liar, banteng, kucing kakau, kijang, rusa, kancil dan macan tutul. Dan dengan jumlah satwa burung sekitar 155 jenis diantaranya ialah tuwuk asia, burung merak, bangau rong-tong, kangkareng dan lain sebagainya.

Berbeda dengan taman safari di beberapa kota di Indonesia, anda harus berjalan kaki ketika hendak mengelilingi hutan ini unutk bertemu dengan satwa liar disini. Karena mereka semua akan lari masuk ke hutan apabila mendenganr suara bising kendaran bermotor. Waktu yang disarankan untuk pergi kesana ialah saat musim kemarau, dimana para satwa liar terebut akan berkumpul di tengah padang savana.

Selain berwisata mengunjungi padang savana di Baluran terdapat beberapa destinasi lain yang bisa anda kunjungi diantaranya ialah :

  1. Bekol dan Semiang

Di tempat ini anda bisa melihat satwa seperti merak, rusa, ayam hutan, burung, banteng dan kijang. Selain itu terdapat pula wisma untuk menginap disini.

  1. Batangan

Di Batangan terdapat sebuah gua yang diberi nama Gua Jepang, didalam gua tersebut terdapat makam putra Maulana Malik Ibrahim. Disana anda bisa juga berkemah dan melihat atraksi merak pada musim kawin yaitu sekitar bulan Oktober dan Nopember.

  1. Manting, Air Kacip

Ditempat ini merupakan habitat dari hewan macan tutul, sebaiknya anda didampingi oleh petugas untuk menjaga keamanan. Selain itu disini terdapat mata air yang tak pernah habis sepanjang tahun.

  1. Curug Tangis

Biasa digunakan untuk olahraga panjat tebing, dengan ketinggian sektiar 10-30 meter.

  1. Bama, Belana dan Bilik

Merupakan spot bagi anda pencinta wisara bahari, disini anda bisa melakukan aktifitas memancing, snorkeling dan menyelam. Selain itu anda akan melihat atraksi kera abu-abu memancing kepiting dengan ekornya saat air surut. Serta aksi perkelahian rusa jantan pada  bulan Juli s/d Agustus.

Untuk anda yang berasal dari daerah sekitar ibukota Jakarta dan ingin merasakan wisata di Africa Van Java, anda bisa memulai perjalanan dengan pergi ke kota Banyuwangi terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan jalur udara sebagai alternatif mencapai kota tersebut. Terdapat beberapa maskapai penerbangan yang melayani rute sampai ke bandara Blimbingsari, yaitu bandara yang berada di Kota Banyuwangi. Diantaranya ialah maskapai penerbangan Batik Air. Sampai saai ini Batik air melayani 3 rute penerbangan setiap harinya. Pembelian tiket pesawat pun bisa anda lakukan dengan membelinya di situs booking online seperti Traveloka.com yang terkadang menawarkan promo-promo yang sayang untuk anda lewatkan. Bagi anda yang ingin mencari tiket pesawat batik air promo di Traveloka, anda bisa mencarinya dengan mengunjungi https://www.traveloka.com/batik-air.

Itulah cerita singkat mengenai Taman Nasional Baluran yang berada di Timur Pulau Jawa. Semoga bisa menjadi gambaran anda sebelum pergi ke sana. Selamat Berlibur!

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top