Tokoh

Ely Hayati Satu Dari Sedikit Sosok Kartini Purwakarta

Cidahu.com – RA Kartini adalah pahlawan nasional yang terkenal sebagai pejuang emansipasi wanita, berkat perjuangan  beliau kini wanita indonesia mempunyai hak dan derajat yang sama dalam kehidupan bermasyarakat. Kesadaran akan persamaan hak dan derajat itulah yang ingin di muncukan oleh Ely Hayati sosok wanita tangguh yang berasal dari desa Cidahu kecamatan Pasawahan kabupaten Purwakarta.

Teh Ely sapaan akrab beliau adalah satu dari sedikit sosok Kartini Purwakarta yang memperjuangkan kesadaran akan pentingnya peran serta wanita dalam kehidupan bermasyarakat. salah satu karya nyata dalam perjuangannya adalah dibentuknya IKM  EL-HAY MKEFPOO’S’S’ dengan tujuan menumbuhkan jiwa kewirausahaan bagi ibu-ibu rumah tangga, janda dan wanita pada umumnya.

IKM EL-HAY dalam acara jalan santai lifebouy di lapangan sahate

IKM EL-HAY dalam acara jalan santai lifebouy di lapangan sahate

Tak hanya jalur ekonomi lewat IKM, Teh Ely juga senantiasa mengedukasi warga akan bahaya KDRT dalam kehidupan berkeluarga. Menurutnya faktor ekonomi adalah pemicu utama terjadinya tindak kekerasan dalam rumah tanggga. Dengan adanya IKM sebagai tempat pelatihan ibu rumah tangga, diharapkan ibu-ibu yang tadinya kurang produktif bisa membantu menopang perekonomian keluarga.

Kegiatan Sosialisai KDRT di Desa Ciherang Bersama Dinas Sosial Kabupaten Purwakarta

Kegiatan Sosialisai KDRT di Desa Ciherang Bersama Dinas Sosial Kabupaten Purwakarta

Rekam jejaknya pun bisa dilihat pada program Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS). Kegiatan yang secara resmi dibuka oleh Sekertaris daerah kabupaten purwakarta Padil Karsoma tersebut menempatkan desa Cidahu menjadi salah satu desa binaan P2WKSS. Hal tersebut tak lepas dari peran serta Teh Ely dalam menyiapkan prosposalnya.

Pembukaan Kegiatan P2WKSS oleh Sekertaris Daerah Purwakarta Bapak Padil Karsoma

Pembukaan Kegiatan P2WKSS oleh Sekertaris Daerah Purwakarta Bapak Padil Karsoma

Sebagai penutup Teh Ely berharap, kaum wanita harus mempunyai wawasan yang luas, berani berkarya dan maju menggapai prestasi juga bermanfaat untuk masyarakat pada umumnya.

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top