Opini

Eksotisme Jawa Barat Ada Pada Diri Dedi Mulyadi

Dedi Mulyadi

Cidahu.com – Eksotisme menurut istilah adalah segala sesuatu yang ditujukan pada keistimewaan yang masih belum banyak diketahui dan layak untuk dikagumi. Terlepas dari segala kontroversi menurut beberapa pihak, Bupati purwakarta Dedi Mulyadi adalah cerminan eksotisme Jawa Barat yang tak terbantahkan saat ini.

Dalam 2 tahun kepemimpinannya di kabupaten purwakarta, Kang Dedi sapaan akrab beliau berhasil memoles wajah purwakarta menjadi tempat yang layak untuk di kunjungi. Stabilitas pembangunan berkarakter yang dibarengi dengan spirit budaya menjadi pondasi utama kemajuan kabupaten yang memiliki slogan istimewa ini. Tak berlebihan rasanya jika mengapresiasi bahwa dengan tangan dingin Kang Dedi Purwakarta menjadi lebih eksotis.

Spirit Budaya Kang Dedi

Spirit Budaya Kang Dedi Mulyadi

Dengan begitu banyak ke-eksotisan purwakarta ini tak heran rasanya jika setiap acara yang digelar di purwakarta akan menyedot banyak penikmat hiburan yang sudah jenuh dengan gaya hidup hedonisme metropolitan. Totalitas kesundaan yang ingin di tampilkan dalam pembangunan purwakarta memang tak jarang mendapat pertentangan dari sebagian pihak, namun lebih dari itu jati diri utuh kesundaan Jawa Barat yang merupakan warna tersendiri dalam kebhinekaan harus dikedepankan tanpa dibenturkan dengan modernisasi kekinian. Karena sejatinya urang sunda itu “someah hade ka semah”. Modernisasi tanpa menghilangkan jati diri itulah yang telah dilakukan Kang Dedi di Purwakarta.

Berbicara tentang kesundaan maka tak bisa dilepaskan dari Jawa Barat sebagai provinsi yang menjadi rumah bagi kebudayaan sunda di nusantara. alangkah indahnya jika stabilitas pembangunan berkarakter dengan spirit budaya yang telah diterapkan dipurwakarta bisa ditransformasi keseluruh kabupaten yang ada di provinsi Jawa Barat, hal tersebut pasti akan membawa manfaat dan keuntungan tersendiri bagi tanah siliwangi ini. Berkaca pada Bali yang menjadi destinasi utama wisata di indonesia selalu mengedepankan karakter budaya dalam setiap sendi kehidupan dan pembangunannya telah mampu menciptakan lapangan pekerjaan dari sektor pariwisata dengan nilai kebudayaan tentunya. perlu diketahui industri pariwisata adalah salah satu industri terbesar didunia yang menyerap banyak tenaga kerja. Bandung memang terlihat lebih modern namun karakter yang dibangun bukan karakter sunda yang seutuhnya.

Sudah waktunya wangsit siliwangi berkumandang, sudah saatnya urang sunda tandang makalangan

Comments

Portal berita online Purwakarta

Copyright © 2017 Cidahu News by Jabar Media Net(work)

To Top