Politik

Koalisi Pilpres Bayangi Koalisi Pilkada

Koalisi Pilpres Bayangi Koalisi Pilkada

Cidahu.com – Pengamat Sosial Politik di Purwakarta, Rian Ariyanto mengatakan, kini kecenderungan koalisi-koalisi di Pilkada mengikuti koalisi pemerintahan yang dibangun Presiden Jokowi semakin menguat. Contohnya; Pilgub DKI.

“Jika dipetakan, ada koalisi pemerintahan yang terdiri dari PDIP, Golkar, Nasdem, Hanura, PAN, PKB, PPP dan PKPI. Dikoalisi oposisi ada Gerindra dan PKS. Lalu ada Demokrat sebagai penyeimbang. Konteks Pilkada Purwakarta saya perkirakan koalisinya cenderung mengikuti hal itu,” katanya kepada Cidahu.com, Selasa (28/3/2017).

Apalagi, setiap pasangan calon yang diusung partai atau gabungan partai harus memiliki SK penetapan dari DPP masing-masing partai.

“Saya asumsikan Pileg dan Pilpres masih membayangi Pilkada serentak, jadi soal koalisi Pilkada bisa jadi miniatur Pilpres, nah hitunganya ada koalisi Jokowi vs Prabowo vs SBY,” tuturnya.

Menurutnya, kini tinggal partai politik di daerah, dengan persetujuan DPP partainya menentukan kandidat calon yang berkorelasi langsung dengan kepentingan pemilih secara luas.

“Jangan sampai partai hanya menyuguhkan sebuah drama koalisi yang menjemukan sekaligus memuakkan penonton,” ujarnya.

Sementara terkait Pilkada dengan pasangan calon tunggal, Rian berkomentar singkat, “Ada 9 pimpinan partai yang manggung di Purwakarta, masa tidak ada yang berani mencalonkan jadi bupati atau wakil bupati, emang kadernya pada kemana? Apa kata dunia?” ujarnya heran. (red)

Comments

Portal berita online Purwakarta

Copyright © 2017 Cidahu News by Jabar Media Net(work)

To Top