Purwakarta

Keterbatasan fisik Bukan Penghalang Menuju Sukses

Erwin Arista saat membuat kerajinan tangan tikar dari bahan bungkus kopi bekas

Cidahu.com – Keterbasan fisik bukan jadi penghalang untuk tetap menjalani aktivitas, bahkan kekurangan itulah yang menjadi motivasi untuk menujukan kepada dunia jika mereka bisa melakukan yang lebih dari pada orang normal pada umumnya.

Barangkali itulah, motifiasi yang dimiliki Erwin Arista (52) warga Kampung Lembur RT01RW01 Desa Cibogogirang Kecamatan Plered. Penyandang tunanetra itu ternyata mampu mendulang rupiah dari keterampilannya mengolah barang bekas.

Dengan berbahankan bungkus kopi sachet bekas dari berbagai merk, Erwin mampu membuat kerajinan sedemikan rupa seperti tas beraneka ukuran mulai dari yang kecil, medium sampai yang besar, tempat tissue, dan karpet.

“Ya saya mau buktikan jika penyandang disabilatas juga mampu berkarya tidak hanya orang normal saja,” kata Erwin ditemui dikediamanya. Rabu (09/08/2017)

Erwin menceritakan, awal mula membuat kerajinan yaitu dari mendaur ulang bungkus kopi ini untuk hiasan rumahnya sendiri, namun dari hasil yang dibuat pria tersebut ternyata memberikan hasil yang cukup lumayan, kreasinya tersebut banyak diminati masyarakat umum atau pun pemesan.

Untuk harga sendiri dirinya tidak mematok harga tinggi dan cukup terjangkau yaitu di kisaran harga mulai dari Rp.35.000, hingga Rp. 85.000.

“Tergantung dari ukuran dan juga tingkat kerumitan dan tergantung bahan,” kata dia.

Sementara untuk bahan-bahan berupa bungkus kopi bekas ini, di dapatkan dari berbagai sumber, seperti dari warung dan juga dari warga sekitar yang sudah mengetahui kegiatan Erwin.

“Dibantu pemilik warung saya dapatkan bahan untuk membuat kerajinan,” katanya.

Menurut warga sekitar, Edi Junaedi (30) hasil karya kreativitas Erwin yang memiliki keterbatasan itu ternyata sangat diakui masyarakat.
Meski kata Edi, dalam proses pembuatan kerajinan itu, berbeda dengan orang normal. Sebab, Erwin membutuhkan waktu relatif cukup lama.

“Untuk meringankan beban Erwin biasanya warga disini turut membantu mencarikan bahan bekas bungkus kopi,” ujar Edi.

Portal berita online Purwakarta

Copyright © 2017 Cidahu News by Jabar Media Net(work)

To Top