Purwakarta

Dikeluarkan Secara Sepihak Puluhan Buruh Gelar Aksi Demo

Petugas kepolisian saat mengamankan pintu gerbang masuk PT Kinugawa dari demo puluhan buruh

Cidahu.com- Tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Puluhan buruh menggelar aksi solidaritas dengan menutup akses pintu masuk PT Kinugawa di Kawasan Industri Bukit Indah City Purwakarta. Kamis (10/08/2017)

Aksi tersebut di lakukan puluhan buruh itu, sebab perusahaan yang bergerak di bidang otomotif tersebut dinilai telah menciderai Hak buruh. Pasalnya, sebanyak 19 buruh yang bekerja di perusahaan telah di rumahkan tanpa mendapat upah.

“Aksi ini merupakan solidaritas karena ada buruh di keluarkan begitu saja dan tidak diberi upah sepeserpun,” ujar Ketua FSPMI Purwakarta Ade Supiani.

Ade mengungkapkan, PT kinugawa dianggap telah ingkar janji sebab, sebelumnya telah disepakati Bipartit antara PT Kinugawa dengan PUK jika perusahaan bakal mengangkat buruh kontrak menjadi buruh tetap pada 2 Agustus lalu serta telah di SK kan sebanyak 16 buruh.

“Ini malah dikeluarkan kan aneh,” Katanya.

Disamping itu, Ade juga menyayangkan kurang responnya pihak Dinas tenaga kerja dan DPRD Purwakarta sebab, sebelum melakukan aksi sejumlah buruh telah melaporkan kejadian tersebut kepada Dinasnaker dan Anggota dewan tersebut.

“Tetapi pelaporan itu tidak membuahkankan hasil, sehingga kami tepaksa menggelar aksi unjuk rasa ini,” katanya.

Jika dalam aksi tuntutan para buruh tetap tidak mendapat tanggapan, Ade dan puluhan buruh lain berjanji akan kembali menggelar aksi serupa dengan jumlah massa yang lebih besar.

“Jika sampai tanggal 15 Agustus pihak perusahaan masih tetap tidak merespon maka dapat dipastikan tanggal 16 Agustus nanti kita akan menggelar aksi dengan jumlah besar,” katanya.

Portal berita online Purwakarta

Copyright © 2017 Cidahu News by Jabar Media Net(work)

To Top