Purwakarta

Warga Kampung Gurudug Kesulitan Air Bersih

warga Kampung Gurudug manfaatkan aliran sungan Ciherang untuk mencuci

Cidahu.com – Kemarau yang terjadi akhir-akhir ini memaksa warga Kampung Gurudug Desa Citalaksana, Kecamatan Pondoksalam memanfaatkan aliran sungai Ciherang untuk kebutuhan sehari-hari. Pasalnya, masyarakat di desa itu saat ini alami kesulitan ari bersih.

“Sungai Ciherang kita manfaatkan untuk kebutuhan seperti mencuci piring dan cuci baju,” kata Muhawiyah (40) salah seorang warga Kampung Gurudung.

Muhawiyah mengatakan, kemarau panjang yang telah terjadi sejak tiga bulan terakhir sangat dirasakan warga Gurudug.

“Jadi warga disini harus datang lebih awal ke sungai Ciherang karena selain air gampang surut juga akan keruh dan kotor apabila pemakainya sudah antri,” Jelas Muhiyah.

Biasanya, sebelum musim kemarau tiba warga di Desa Citalaksana menggunakan air yang bersumber di sekitar Kecamatan Wanayasa. Sebab, hampir kebanyakan warga di desa tersebut tidak memiliki sumber mata air selain itu juga rata-rata masyarakat di kampung itu tidak memiliki sumur dikerenakan kontor tanah terdiri dari cadas.

“Setiap rumah pasti penampung air nya diambil dari daerah wanayasa menggunakan selang atau peralon,” katanya

Namun, pada kemarau rutin ini berdampak terhadap mata air dari wanayasa telah mengering, sehingga memaksa mereka menggunakan air sungai ciherang untuk cuci piring dan baju meskipun jaraknya lumayan jauh sekitar dua kilometer.

“Untuk kebutuhan minum warga Desa Citalaksana terpaksa membeli air kemasan galon,” ujarnya.

Portal berita online Purwakarta

Copyright © 2017 Cidahu News by Jabar Media Net(work)

To Top