Purwakarta

Warga Sukatani Tetap Setia Menjadi Penyadap Aren

Warga berencana akan melakukan penyadapan air aren untuk di olah menjadi gula merah

Cidahu.com – Gempuran pemanis buatan di zaman serba moderen seperti saat ini tak menyulutkan semangat masyarakat Desa Pasirmunjul, Kecamatan Sukatani untuk tetap bertahan memproduksi gula merah hasil sadapan air pohon aren yang tumbuh di perkebunan warga setempat.

Seperti yang dilakukan Momo (55) salah satu warga setempat mengatakan, usaha pembuatan gula aren sudah di lakukannya turun temurun disampingan pekerjaan rutinya adalah petani padi.

“Pagi dan sore biasanya kita menyadap air dari 1 tangkai aren bisa menghasilkan 10 liter air sadapan,” terang Momo.

Momo mengatakan, dari hasil olahan gula aren dia mampu meraup keuntungan Rp40 hingga Rp80 ribu. Sementara untuk pemasaran sendiri biasanya banyak pengepul sengaja datang untuk membeli gula merah.

“Biasanya jika sudah jadi gula tidak perlu dijual kepasar karena suka ada bandar yang datang,” kata dia.

Meski demikian, usaha produksi gula aren yang sudah menjadi ikon warga Pasirmunjul kini terancam punah karena minimnya generasi muda dan pelestarian untuk menekuni usaha pembuatan gula aren yang di kenal masyarakat luas di sebut gula merah.

Saat ini kebanyakan pengarjin gula aren yang usianya 50 tahun ke atas. Pasalnya minim regenerasi pembuat gula aren padahal pohon aren diwilayah tersebut cukuplah banyak.

Guna mencegah semakin menyusutnya jumlah pengrajin gula aren, Pemerintah Desa Pasirmunjul saat ini tengah mensosialisasikan program usaha mikro bagi pengrajin diwilayah itu.

“Saat ini jumlah yang terdata sekitar 60 orang pengrajin,” kata kepala desa Pasirmunjul M Hilman Nurzaman.

Menurutnya, gula aren Pasirmunjul memiliki ciri khas pada aromanya dan rasa manisnya sangat berbeda. Untuk itu, pihaknya terus berupaya mempertahankan warisan leluhur desa tersebut.

“Salah satunya peremajaan pohon aren selain itu kita juga sudah bekerja sama dengan dinas terkait untuk memberikan pelatihan bagi para penyadap dan pengrajin gula merah aren,” katanya.

Portal berita online Purwakarta

Copyright © 2017 Cidahu News by Jabar Media Net(work)

To Top