Purwakarta

Kades Mekargalih Minta Jembatan Kereta Api di Pindahkan

Jembatan Kereta Api Milik PT.KAI di hawatirkan Ambruk akibat rawan pergeseran tanah

Cidahu.com – Kepala Desa Mekargalih, Kecamatan Jatiluhur Bukhori Muslim berharap PT. KAI Daop 2 Bandung dapat segera merelokasi Jembatan Kereta Api (KA) Cisuren ke lokasi lain. Sebab, tanah diwilayah itu rawan longsor sehingga dihawatikan jembatan kereta ambruk.

“Tanah didekat jembatan memang labil dan sering terjadi pergeseran tanah,” kata Bukhori.

Meski menurut kades pihak PT.KAI telah melakukan upaya agar jembatan tetap aman. Namun, hal itu tidak menjamin jembatan tidak amburuk. Sebab kata ia, saat musim hujan dipastikan tanah diareal itu akan terus mengalami pergeseran.

“Bahkan hingga saat inipun jalan penghubung dua desa antara Desa Mekargalih dengan Desa Cibinong Kecamatan Jatilhur belum bisa diperbiki karena masih rawan longsor,” terang kades.

Ia mengatakan, pihaknya sering meninjau lokasi dan memang dari PT KAI sudah ada upaya-upaya perbaikan terhadap jembatan. Begitu pula adanya rencana membuat bronjong di sekitar tiang jembatan, namun itu tidak akan efektif ketika musim hujan tiba.

“Satu-satunya cara kata yaitu dipindah ke tempat lain agar lebih aman. Sebab, pemindahan jembatan itu selain mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, juga agar leluasa bagi pemerintahan desa untuk membuka akses ke Kampung Pasir Ipis yang sampai saat ini tidak bisa dijangkau dengan kendaraan roda empat,” bebernya.

Sementara menanggapi hal diatas Manajer Humas PT KAI Daop 2 Bandung Joni Martinus mengatakan, persoalan Jembatan Cisuren yang berada di Km 110 itu, kondisinya masih sangat aman dan layak dilintasi.

Disamping itu, dalam hal pemindahan jembatan pihaknya mengaku tidak memiliki kewenangan. PTKAI kata ia, sesuai dengan perundang-udangan.

“Yang memiliki kewenangan untuk memindahkan Jembatan KA Cisuren adalah Kementerian Perhubungan melalui Dirjen Perkeretaapian. Sekarang masih aman, kecepatan KA pun sudah kembali normal,” ujarnya.

Portal berita online Purwakarta

Copyright © 2017 Cidahu News by Jabar Media Net(work)

To Top