Purwakarta

Permintaan Tinggi, Harga Sapi di Purwakarta Naik

harga sapi di pasar hewan Ciwareng Kabupaten Purwakarta Naik

Cidahu.com – Harga hewan kurban jenis sapi di wilayah Purwakarta dan sekitarnya alami kenaikan menjelang hari Raya Idhul Adha 1438 Hijriah. Kondisi ini terjadi akibat tingginya permintaan masyarakat sejak awal Agustus kemarin.

Hal itu diungkapkan Petugas UPTD Pasar Hewan Ciwareng Purwakarta, Hendro Sujarno. Tingginya permintaan hewan kurban menjelang Idul Adha kata ia, terutama jenis Sapi potong dan jenis sapi bakalan, sejak awal Agustus lalu berdampak pada kenaikan harga.

“Untuk harga timbang sapi hidup saat ini mencapai 50 ribu hingga 60 ribu rupiah per kilogram, awalnya harga tersebut hanya 46-50 ribu rupiah perkilogram,” kata Hendro kepada sejumlah awak media.

Menurut Hendro, menjelang Idul Adha ini telah terjadi peningkatan transaksi terhadap sapi potong dan sapi bakalan, di pasar hewan Ciwareng,

Ia mengukapkan, Jika hari pasar tiba, terjadi transaksi tak kurang dari 350 ekor sapi pasar di pasar hewan Ciwareng Purwakarta. Berbeda saat sebelum jelang lebaran haji yang hanya terjadi jual beli sebanyak 200-250 ekor saja.

“Untuk pasokannya sendiri sapi didatangkan dari luar Purwakarta seperti Jawa Tengah, Jawa Timur, sebagian Sumatra serta Jawa Barat,” terang Hendro.

Meski begitu, kata ia, tak hanya meningkat namun juga telah terjadi penurunan terhadap penjualan sapi bibit yang mencapai 30% karena para pembeli pada bulan Agustus ini cenderung memerlukan hewan untuk Kurban.

Diketahui saat ini untuk harga satu ekor sapi dijual dengan harga paling rendah dikisaran 16 juta sementara tertinggi mencapai 60 juta untuk sapi jenis lemosin.

Portal berita online Purwakarta

Copyright © 2017 Cidahu News by Jabar Media Net(work)

To Top