Purwakarta

Kecamatan Darangdan Penghasil Sayuran Paling Produktif

Petani di Darangdan Saat memanen hasil pertanian sayuran jenis Brokolii

Cidahu.com – Berada di perbatasan Purwakarta- Bandung Barat, Kecamatan Darangdan merupakan satu dari beberapa wilayah di Kabupaten Purwakarta merupakan penghasil sayuran paling produktif.

Tak hanya Kecamatan Bojong dan Wanayasa saja namun, komoditas pertanian yang di hasilkan di kecamatan Darangdan jangkauan penjualanya dapat menembus pasar regional hingga luar pulau Jawa.

Petani di wilayah Kecamatan tersebut terbilang sangatlah produktif dalam menghasilkan komoditas sayuran serta mampu bersaing pasar domestik. Apalagi, didukung dengan wilayah darangdan yang berada didataran tinggi serta tanah cukup subur.

Maka tak heran, jika pedapatan masyarakat di wilayah itu adalah pertanian sayur-sayuran seperti jenis Kol, Burkol, Cabai, Tomat, Labu siam, timun, serta sayuran lainya.

Subur dan produktifnya hasil pertanian di wilayah itu tidak lepas dari dukungan pemerintah setempat. Seperti diungkapkan Camat Darangdan Ade Sumarna yang mengaku hingga saat ini pihaknya terus berupaya meningkatkan produktifitas hasil pertanian.

“Salah satunya kita bekerja sama dengan peternakan-peternakan sapi yang ada di wilayah kami tujuanya untuk mencukupi kebutuhan pupuk kandang para petani di Kecamatan kami,” kata Camat Ade Belum lama ini.

Langkah tersebut dilakukan, karena menurut Ade pupuk merupakan sumber daya pendukung paling vital setelah pemilihan bibit unggul dan perawatan para petani. Tak heran, jika Camat Ade juga menyakini kualitas sayuran di Darangdan tidak kalah saing dengan jenis pertanian di wilayah lain.

“Buktinya kita dapat memenuhi kebutuhan pasar sayuran Caringin Bandung, Kopo Purwakarta serta pasar sayuran Bekasi,” terang Camat.

Meski begitu, pihaknya tidak menampik masih banyak lahan pertanian produktif tidak dimanfaatkan para petani di wilayah tersebut. “Biasanya itu lahan milik pengusaha luar karena jika memang milik petani sekitar pasti digunakan untuk menanam sayuran,” katanya.

Ade berharap, kedepan kecamatan Darangdan lebih di kenal sebagai pusat penghasil sayur-sayuran. Mengingat wilayah tersebut cukup subur dan petani yang produktif sehingga dapat dikenal di Pasar Internasional. “Hal ini sesuai visi-misi Bupati Purwakarta kedepan harus lebih istimewa,” Demikan Camat Ade Sumarna.

Portal berita online Purwakarta

Copyright © 2017 Cidahu News by Jabar Media Net(work)

To Top