Purwakarta

Jelang Idul Adha, Disnakan Purwakarta Periksa Hewan Qurban

Pemeriksaan hewan qurban di pasar Ciwareng Purwakarta

Cidahu.com – Menyusul Hari Raya Idhul Adha 1438 H tinggal menghitung hari, Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Purwakarta jalin kerjasama dengan para camat untuk mempermudah dalam pemeriksaan hewan qurban. Hal ini dilakukan untuk menghindari hewan ternak qurban terindikasi berbagai penyakit.

“Kita sudah koordinasi dengan para camat yang ada di Purwakarta agar mengumpulkan hewan kurban disatu titik, sehingga kita cek kesehatan hewan tersebut lebih mudah, sebelum nantinya disembelih,” ujar Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Purwakarta, Sri Wiryasturati. Jumat (25/8/2017).

Ia menjelaskan, upaya tersebut ditempuh untuk memastikan agar ternak kurban yang nantinya dikonsumsi oleh masyarakat betul-betul sehat dan aman.

“Kita akan lakukan pemeriksan secara menyeluruh untuk memastikan bahwa ternak-ternak kurban benar-benar bebas dari penyakit,” kata ia.

Ternak yang terserang penyakit, kata dia, tidak aman untuk dikonsumsi oleh manusia. “Misalnya penyakit cacing hati atau penyakit brucelossis,” ungkapnya.

Maka dari itu, lanjut ia, Langkah tersebut akan meminimalisir ternak kurban terindikasi penyakit yang membahayakan bagi masyarakat. “Saya berharap semua hewan kurban sehat dan aman,” pungkasnya.

Portal berita online Purwakarta

Copyright © 2017 Cidahu News by Jabar Media Net(work)

To Top