Purwakarta

Disnakan Purwakarta Terjunkan 75 Petugas Pemeriksa Hewan Kurban

Petugas Disnakan Purwakarta saat memeriksa sapi di pasar Hewan Ciwareng Purwakarta

Cidahu.com – Dinas Perikanan dan Peternakan (Disnakan) Kabupaten Purwakarta, terjunkan 75 orang petugas pemeriksa ternak kurban. Tugasnya, untuk menyisir lapak-lapak pedagang musiman hewan kurban jelang Idul Adha.

Kepala Disnakan Kabupaten Purwakarta, drh. Ita Sriwuryasturati mengatakan, Tim Pemeriksa Ternak Kurban (PTK) akan mobile ketempat-tempat penyelenggara kurban hingga H+3 Lebaran Idul Adha

“Iya kita sudah sebar petugas PTK sejak pekan kemarin. Ada 75 orang yang ditugaskan,” ujar Kepala Disnakan Purwakarta, drh. Ita Sriwuryasturati, Selasa (29/8/2017).

Diterjunkanya tim PTK ini kata Ita, guna mengantisipasi adanya hewan ternak yang kondisinya tidak sehat atau terinfeksi penyakit berbahaya.

“Nanti, hewan yang sudah diperiksa oleh petugas akan diberi tanda. Jadi, bagi warga yang membeli hewan untuk keperluan kurban, bisa lihat tanda tersebut, karena itulah yang layak untuk dikurbankan,” jelas dia.

Encang salah satu peternak domba asal Desa Cileunca, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta mengaku, hewan ternaknya secara berkala mendapat pemeriksaan dari petugas, sehingga domba-dombanya tetap sehat dan terbebas dari berbagai virus berbahaya.

“Saya menjamin hewan di Purwakarta tidak ada yang terjangkit virus seperti antraks. Kalau pun ada yang informasi macam-macam saya rasa itu hanya hoax,” ungkap Encang.

Portal berita online Purwakarta

Copyright © 2017 Cidahu News by Jabar Media Net(work)

To Top