Purwakarta

Tak Ada Lebel Halal, Pemkab Purwakarta Minta Produk di Tarik Dari Pasaran

Petugas gabungan temukan makanan tidak memiliki lebel halal

Cidahu.com – Kembali, Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian (Diskop,UKM & Perdagin) Kabupaten Purwakarta, menggelar Inspeksi Mendadak (Sidak) ke sejumlah  pusat perbalanjaan. Kali ini petugas gabungan menyisir Mini Market yang berada di beberapa kecamatan di Purwakarta. Hasilnya, ditemukan adanya produk makanan yang tidak memiliki label halal.

“Hari kedua ini kita lakukan sidak ke sejumlah Mini Market yang ada di beberapa Kecamatan. Dari sidak itu rata-rata kita temukan adanya produk makanan yang tidak memiliki label halalnya,” kata Kasi Pengawasan & Tertib Niaga, Bidang Perdagangan pada Diskop,UKM & Perdagin Purwakarta, Sutrisno usai menggelar sidak, Rabu (30/08/2017).

Dengan adanya temuan tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta melalui pihak Diskop,UKM & Perdagin Purwakarta meminta manajemen Mini Market untuk segera menarik semua produk tersebut dari peredaran.

Sutrisno menjelaskan, produk yang tidak memiliki label halal tersebut didominasi produk makanan impor. Mengenai keharusan adanya keterangan halal (label halal) dalam suatu produk sesuai dengan Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal (UU Produk Halal).

Yang termasuk produk dalam UU Produk Halal adalah barang atau jasa yang terkait dengan makanan, minuman, obat, kosmetik, produk kimiawi, produk biologi, produk rekayasa genetik, serta barang gunaan yang dipakai, digunakan, atau dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Alasan adanya UU ini bertujuan menjaga kualitas produk yang beredar sekaligus menjaga kesehatan masyarakat. UU ini juga dapat menjegal serbuan produk tidak halal dari berbagai negara. Pasalnya di Indonesia mayoritas masyarakat beragama islam,” jelasnya.

Sutrisno menegaskan, dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan pertemuan dengan pihak manajemen Mini Market yang kedapatan menjual produk yang tidak memiliki label halal tersebut.

“Intinya kita dari Pemkab Purwakarta meminta pihak manajemen Mini Market menarik seluruh produk yang tidak miliki label halal tersebut,” tegasnya.

Untuk diketahui, jelang Idul Adha tahun ini Pemkab Purwakarta melalui Diskop,UKM & Perdagin Purwakarta melakukan sidak ke sejumlah Pasar Modern dan Mini Market di Purwakarta.

Dalam sidak tersebut selain pihak Diskop,UKM & Perdagin Purwakarta, juga melibatkan petugas gabungan. Terdiri dari Kepolisian, Lembaga Perlindungan Kosumen Swadaya Masyarakat (LPKSM), Dinas Kesehatan, Dokter Hewan, dan Satpol PP Purwakarta

Portal berita online Purwakarta

Copyright © 2017 Cidahu News by Jabar Media Net(work)

To Top