Purwakarta

Tergerus Aliran Sungai, Tebing Jalur Arteri di Sukatani di Perbaiki

jalan Arteri Purwakarta Bandung di perbaiki Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat

Cidahu.com – Tebing bahu Jalan Arteri penghubung Purwakarta – Bandung tepatnya di desa Cianting Utara Kecamatan Sukatani yang tergerus sungai Cibodas hingga mencapai kedalaman 10 Meter akhirnya diperbaiki.

Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat menargetkan perbaikan tebing dibahu jalan itu akan rampung terselesaikan sekitar bulan depan.

“Untuk pengerjaannya kita turunkan alat berat, perbaikan sendiri kita targetkan bisa selesai satu bulan,” jelas Andi kontraktor lapangan. Kamis (7/9/2017).

Andi menjelaskan, perbaikan jalan ini dianggap tak mengganggu arus lalu lintas. Sebab jalan dari kedua arah masih bisa dilalui kendaraan. “Rencananya ini dibuat pondasi Borpile yaitu pondasi ditanam kelapisan paling bawah agar tidak terbawa arus air sungai,” ujarnya.

Tak hanya memperbaiki jalur, pihaknya berencana akan membuat saluran drainase agar air yang turun dari gunung Cupu saat musim hujan tidak lagi menggerus bahu jalan.

Sebelumnya diberitakan, warga Cianting Utara Kecamatan Sukatani kumpulkan ban bekas dan menumpukannya tepat di bahu arteri tepatnya dibawah kaki Gunung Cupu. Tujuannya agar para pengendara tidak terperosok kedalam sungai yang tingginya mencapai 15 meter, sebab bahu jalan raya tinggal menyisakan satu meter akibat terkikis sungai Cibodas serta terbawa arus hujan.

“Inisiatif itu muncul soalnya dulu ada pengendara rem blong terus menghindari kecelakaan sehingga hampir jatuh kesungai makanya kita sengaja tumpukin ban ditempat ini,” ujar Ivan (28) salah satu warga setempat.

Portal berita online Purwakarta

Copyright © 2017 Cidahu News by Jabar Media Net(work)

To Top