Purwakarta

Pendapatan Pengemis Capai 200 Ribu Sehari Operasi Di Purwakarta

Salah seorang pengemis saat menyusuri sejumlah pertokoan di Purwakarta

Cidahu.com – Pesatnya perkembangan Kabupaten Purwakarta, nampaknya tidak disia-siakan oleh para gelandangan dan pengemis (Gepeng) untuk mengais rezeki. Mereka meyakini jika Purwakarta merupakan wilayah  strategis setelah Jakarta dan Bekasi.

Tidak hanya terpusat di sejumlah tempat wisata di Purwakarta saja namun, banyak dari mereka (pengemis dan gelandangan red) juga memanfaatkan ramainya pusat perbelanjaan, jalanan dengan tujuan untuk meminta belas kasih pengunjung.

Seperti di sekitar area Taman Air Mancur Sribaguda dan Pasar Jumaah Purwakarta yang mulai bermunculan peminta-minta dengan beragam modus.

Ada dengan cara berdagang sambil memperlihatkan wajah kesedihan, ada pula yang mengandalkan cacat fisik yang dimiliknya. Rata-rata, para pengemis tersebut, datang dari luar Purwakarta yang sengaja mencari rezeki dengan cara meminta belas kasih.

Salah satunya yaitu terlihat seorang wanita paruh baya dengan gendongan meminta-minta dari toko ke toko, dengan membawa mangkuk plastik.

Dari penelusuran Cidahu.com pengemis asal Cirebon tersebut sudah lama datang ke kota tasbih ini. Dirinya mengaku dalam satu hari beroperasi bisa mendapatkan uang sebesar Rp100 hingga 200 ribu hasil mengemis.

“Tidur bisa dimana saja yang penting bisa dapat uang untuk dibawa pulang nanti,” ujarnya wanita yang enggan ditanya namanya itu Kamis (14/09/2017).

Meski enggan dimintai keterangan lebih jauh, namun wanita tersebut mengatakan, Purwakarta sengaja dipilih karena merupakan salah satu tempat strategis untuk mencari nafkah ia beserta teman lainnya.

“Kalau gak Purwakarta paling Bekasi dan lokasi lain yang penting tempat-tempat harus yang ramai,” katanya.

Sementara Yogi Sugianto (30) warga Purwakarta mengatakan, banyaknya bermunculan pengemis menandakan jika Purwakarta saat ini hampir sama dengan kota besar lainya. Meski begitu, ia menyarankan agar pemerintah tidak boleh tutup mata dan diminta untuk segera menertibkan para pengemis dan gelandangan tersebut.

“Karena jika tidak ditindak lanjut saya yakin kedepan bakal lebih banyak pengemis-pengemis lainya sengaja datang ke Purwakarta,” katanya.

 

Portal berita online Purwakarta

Copyright © 2017 Cidahu News by Jabar Media Net(work)

To Top