Gadget

Begini Cara mengatasi iPhone Bootloop

Ilustrasi iPhone Bootloop

Cidahu.com – BootLoop pada perangkat Apple seperti iPhone, iPad ataupun iPod lebih sering terjadi pada perangkat yang sudah mengalami Jailbreak dan jarang sekali dialami perangkat yang belum pernah di Jailbreak.  Tidak hanya iPhone, cara ini sebenarnya juga bisa kalian gunakan untuk mengatasi iPad atau iPod yang Stuck di Boot Logo Apple atau biasa disebut Bootloop.

Bootloop paling sering dikarenakan kalian menginstal Aplikasi atau Tweak dari Cydia yang tidak Compatible atau tidak cocok dengan versi iOS perangkat kalian. Ini merupakan salah satu kekurangan dari Jailbreak, meskipun kalian jadi lebih leluasa untuk menginstal Aplikasi atau Tweak, namun pada kenyataannya banyak ditemui para Developer Aplikasi dan Tweak di Cydia tidak mematuhi pedoman penggunaan Memory dan CPU yang telah ditetapkan oleh Apple. Selain itu Bootloop juga sering dipicu oleh karena begitu banyaknya Aplikasi dan Theme yang ter-instal diperangkat kalian.

Terus bagaimana cara untuk mengatasi perangkat kalian yang mengalami Stuck di Boot Logo Apple atau Bootloop? Berikut cara yang saya tau bagaimana mengatasi iPhone, iPad atau iPod yang mengalami Boot Loop :
Sebenarnya cara ini kurang ampuh untuk mengatasi Perangkat kalian yang Bootloop, namun tudak ada salahnya mencoba, siapa tau saja berhasil karena cara ini lebih simpel dari pada cara yang akan saya jelaskan nanti. Caranya yaitu dengan melakukan Hard Reset pada perangkat kalian yang mengalami Bootloop.

– Tekan dan tahan tombol Home+Power bersamaan sampai muncul Logo Apple.
– Pada saat perangkat melakukan Boot langsung tekan dan tahan Tombol Volume Up.
– Setelah masuk Springboard buka Cydia.
– Hapus Aplikasi atau Tweak yang terakhir kalian Instal sebelum perangkat Boot Loop.
– Coba reboot perangkat kalian.

Jika setelah reboot perangkat kalian bisa masuk ke Home Screen berarti cara yang kalian pakai ini berhasil.
Bila cara pertama tadi tidak mampu menyelesaikan masalah kalian, kalian bisa menggunakan cara yang kedua. Cara yang kita pakai kali ini adalah melakukan Restore iOS pada perangkat. Untuk cara kedua ini kalian membutuhkan bantuan Komputer dah aplikasi iTunes yang terinstal didalamnya. Jika kalian belum memiliki aplikasi iTunes yang terinstal dikomputer kalian, kalian bisa download aplikasi iTunes disini.

Berikut langkah-langkah untuk melakukan Restore pada perangkat Apple kalian :
– Lakukan Hard Reset perangkat–> Tekan Tombol Home+Power sampai layar mati.
– Hubungkan perangkat dengan komputer dengan kabel USB lalu jalankan iTunes.
– Posisikan perangkat ke DFU Mode (Device Firmware Update) dengan cara Tekan dan Tahan tombol Home dan

Power selama 10 detik (harus tepat 10 detik). Setelah 10 detik lepaskan tombol Power dengan masih tetap menekan tombol Home. 10 detik setelah kalian melepas tombol Power, lepaskan tombol Home. Jika kalian melakukan langkah ini dengan benar dan dengan waktu yang tepat, maka kalian akan mendapatkan pesan dari iTunes seperti pada gambar dibawah ini. Bila kalian belum mendapat pesan seperti gambar dibawah ini, ulangi langkah ini sampai kalian mendapatkan pesan iTune  yang mendeteksi perangkat Apple yang memasuki recovery mode.

– Setelah kalian mendapatkan pesan seperti gambar diatas, iTune akan memulai proses restore perangkat kalian ke posisi default atau Original Firmware.
– Setelah proses Restore selesai, perangkat kalian akan melakukan Reboot. Jika perangkat kalian masih terkoneksi

Dengan iTunes begitu perangkat menyala, iTunes akan menawarkan kalian untuk me-Restore dari backup perangkat kalian yang pernah kalian buat (hal ini akan mengembalikan Contact, Video, Photo dan Aplikasi kalian sebelumnya). Jika kalian merasa pernah melakukan Backup perangkat kalian lebih baik kalian memilih Opsi ini.

– Proses Restore dari Backup perangkat kalian ini memerlukan waktu yang lama, sekitar 2-3 jam.
– Setelah proses selesai iTunes akan memberitahukannya kepada kalian dan perangkat kalian akan melakukan Reboot kembali.
– Proses selanjutnya yaitu melakukan Sinkronisasi perangkat dengan iTunes kalian. Jika perangkat kalian telah berjalan normal maka proses ini tidak akan mengalami hambatan apapun.
– Setelah proses Sinkronisasi selesai, Selamat perangkat kalian sudah dapat kalian gunakan seperti biasa.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi iPhone yang stuck di boot logo apple atau boot loop. Mungkin saja selain cara ini, masih ada cara-cara lain yang lebih simpel yang bisa kalian pakai yang tidak saya tau untuk mengatasi iPhone yang Boot Loop

Portal berita online Purwakarta

Copyright © 2017 Cidahu News by Jabar Media Net(work)

To Top