Pilkada

Tujuh Desa di Purwakarta Bakal Gelar Pilkades Serentak

Ilustrasi

Cidahu.com – Pemilihan kepala desa (pilkades) tidak lama lagi bakal serentak di gelar di tujuh desa di Kabupaten Purwakarta pada 7 Desember 2017 mendatang.

Dari ketujuh desa itu meliputi Desa Jatimekar dan Mekargalih (Kecamatan Jatiluhur), Desa Linggasari dan Liunggunung (Kecamatan Plered), Desa Cianting (Kecamatan Sukatani), Desa Cipeundeuy (Kecamatan Bojong), dan Desa Sukajadi (Kecamatan Pondoksalam).

Di luar tujuh desa yang melangsungkan pilkades reguler, satu desa melakukan pergantian antar waktu (PAW) yakni Desa Sukatani Kecamatan Sukatani.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Purwakarta, Panda Dinata mengatakan, rencananya kepala desa terpilih hasil pilkades serentak, akan langsung dilantik kurang dari waktu 24 jam dari penghitungan suara.

“Rencananya, jika sore hari perhitungan suara sudah menghasilkan kades terpilih, malam harinya langsung dilakukan pelantikan. Yang PAW dipilih oleh perwakilan tokoh masyarakat, perangkat desa dan bamusdes, sifatnya musyawarah desa,” kata Panda kepada sejumlah awak media, Selasa (3/10/2017).

Pihak pemerintah daerah menyiapkan anggaran pilkades serentak ini sebesar Rp490 juta. Anggaran ini sudah menutupi semua kebutuhan pilkades dari mulai surat suara, kampanye terbuka dan kebutuhan yang lain. “Dan anggarannya langsung dikirim ke pihak panitia pelaksana tidak melalui dinas desa,” jelasnya.

Pilkades serentak di Purwakarta bakal kembali diselenggarakan pada tahun 2019 diikuti oleh 86 desa. “Mudah-mudahan pilkades ini menghasilkan kepala desa yang bisa membangun Purwakarta yang lebih maju,” pungkasnya.

Portal berita online Purwakarta

Copyright © 2017 Cidahu News by Jabar Media Net(work)

To Top