Purwakarta

Waspada! Tujuh Kecamatan di Purwakarta Rawan Pergeseran Tanah

Cidahu.com – Memasuki musim penghujan, Masyarakat di Purwakarta di Imbau untuk waspada terhadap bencana alam. Pasalnya, ada sejumlah Kecamatan di Purwakarta masuk kategori rawan pergeseran tanah (Zona Merah)

Seperti yang terjadi di Kecamatan Wanayasa pada Selasa (24/10/2017), Tebing setinggi empat meter menutupi badan jalan penghubung Wanayasa- Bojong sekitar pukul 00.10 WIB. Beruntung tidak ada korban jiwa namun, akibat lonsor itu akses jalan tersebut sempat terputus.

Berdasarkan data yang dimiliki oleh Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kabupaten Purwakarta 2016, beberapa kecamatan di Purwakarta rentan terjadi gerakan tanah saat musim penghujan tiba.

Bahkan, ada tiga zona gerakan tanah di wilayah tersebut. Yakni, Zona Biru (kerentanan gerakan tanah rendah), Zona Kuning (kerentanan gerakan tanah sedang), dan Zona Merah (kerentanan gerakan tanah tinggi).

Dari semua wilayah itu, yang paling diantisipasi yakni, kecamatan yang masuk kedalam zona merah dan kuning.

Untuk wilayah yang masuk zona merah; Kecamatan Sukatani meliputi, Desa Cianting, Sukajaya, Cijantung Panyindangan dan Pasirmunjul. Kecamatan Wanayasa meliputi, Desa Wanayasa, Desa Sukadami, Ciawi dan Taringgul Tonggoh. Kecamatan Pasawahan yang meliputi Desa Ciherang, Cidahu, dan Kertajaya. Kecamatan Purwakarta meliputi Kelurahan Sindangkasih, dan Kelurahan Nagri Kidul. Kecamatan Pondok Salam meliputi Desa Salam Mulya. Kecamatan Jatiluhur meliputi Desa Parakan Lima dan Cisalada. Kecamatan Darangdan hanya satu desa, yakni Desa Sawit. Untuk wilayah yang masuk zona kuning, hampir merata di semua kecamatan.

Portal berita online Purwakarta

Copyright © 2017 Cidahu News by Jabar Media Net(work)

To Top