Politik

Jelang Pilbup Purwakarta, Golkar dan PDIP Kian Mesra

Ketua DPD Golkar Purwakarta Sarif Hidayat dan Ketua DCP PDIP Acep Maman

Cidahu.com – Ketua DPD Golkar Purwakarta Sarif Hidayat dan ketua DPC PDIP Acep Maman kian mesra jelang Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Purwakarta 2018. Keduanya terlihat kompak dalam mengawal curah gagasan yang digelar DPD PDIP Jawa Barat beberapa waktu lalu.

Diketahui, dua partai politik tersebut memiliki kursi terbanyak di DPRD Purwakarta, indikasi koalisi pun kian mengerucut. Keduanya hanya tinggal menunggu perintah Jabar dan pusat.

Kendati belum secara resmi berkoalisi, Golkar dan PDIP semakin tampak akrab. Terlebih fakta politik di Jawa Barat dan di pusat menunjukkan bahwa kedua parpol tersebut selalu berangkulan.

“PDIP menunggu instruksi dari DPD Jabar dan pusat,” kata Ketua DPC PDIP Purwakarta Acep Maman. Apa yang dilontarkan Acep, diamini Ketua DPD Partai Golkar Purwakarta Sarip Hidayat, “Kita sebagai orang daerah, harus mengikuti arah Jabar dan pusat,” ujar Sarip kepada awak media.

Kedua pimpinan tertinggi parpol di Purwakarta ini, bertemu di Hotel Horison Bandung, Rabu (25/10) siang. Mereka menyempatkan diri untuk saling sowan di sela acara pengenalan para bakal calon bupati dari PDIP se- Jawa Barat.

Sementara, Sekretaris DPD Partai Golkar Purwakarta Lalam Martakusumah yang turut dalam pertemuan itu menjelaskan, pihaknya memang sudah sangat intens berkomunikasi dengan PDIP, “Ya, kami terus berinteraksi, seperti sekarang ini, kami hadir dalam acara PDIP,” kata Lalam.

Di DPRD Purwakarta, Golkar dan PDIP masing-masing memiliki delapan kursi. Dengan begitu, kedua parpol tersebut bisa mengusung pasangan calon, seperti yang disyaratkan Undang Undang, yakni minimal 20 persen dari jumlah kursi di DPRD.

Di Purwakarta, baru satu koalisi yang sudah terbentuk. Koalisi yang dinamakan Koalisi Kemerdekaan (KK) itu terdiri dari empat parpol, yakni Partai Demokrat, Nasdem, PPP, dan PKB. Lima parpol lainnya di luar KK masih berkalkulasi sebelum menentukan arah koalisi.

Portal berita online Purwakarta

Copyright © 2017 Cidahu News by Jabar Media Net(work)

To Top