Purwakarta

Purwakacida, Harapan Baru Musik Pop Sunda dari Purwakarta

Pop sunda purwakacida

Cidahu.com – Mendengarkan lagu-lagu pop Sunda seakan kita memulangkan pada kenangan masa lalu. Apalagi jika anda yang sedang ngumbara di kota atau negara lain. Lirik-lirik dalam lagu pop Sunda bisa sangat menyentuh hati dan mengobati kerinduan akan tempat kita berasal. Tentunya pula rasa kecintaan kita akan tanah pilemburan di Tatar Sunda akan terbangkitkan. Memang, seni musik Sunda yang salah satunya diwakili oleh lagu pop Sunda ini menjadikan pendengarnya larut dalam suasana tentram dalam keindahan.

Namun ironisnya musik pop sunda dinilai terus mengalami kemunduran dari segi penjualan CD atau VCD. Akibatnya banyak produser yang selama ini menggeluti bisnis di bidang musik pop Sunda pun angkat tangan.

Musik Pop Sunda merupakan salah satu produk dari kesenian Sunda yang mulai di lupakan. Hingga saat ini, masih banyak orang yang mendengar dan mendendangkan lagu pop berbahasa Sunda. Meskipun begitu, jenis musik sunda belum dapat bersaing khususnya dengan musik populer yang Indonesia. Beranjak dari hal tersebut sekelopok pemuda asal desa Cidahu, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Purwakarta berinisiatif membentuk sanggar seni Purwakacida akronim dari Purwakarta Cidahu yaitu desa tempat mereka berkreasi mengekspresiakan kecintaan mereka terhadapa musik sunda.

Kang Rara dari Purwakacida menuturkan, pop Sunda itu punya ciri khas liriknya yang mudah dicerna dengan aspek melodinya mudah dipelajari namun kontur melodi yang hampir sama.

“Untuk aspek melodi inilah kelihatannya di hampir semua musik-musik pop sunda memiliki kontur melodi yang hampir sama itu merupakan sebuah tantangan tersendiri bagi kami dalam menyajikan musikalitas sunda yang kekinian” ujarnya.

Kang Ajat ‘korong’ menambahkan, dari aspek rumpaka atau lirik, sebenarnya banyak dari lagu pop Sunda itu menarik yang mencerminkan kehidupan sehari-hari. Namun, lirik tersebut terdengar menjadi lagu pop Sunda biasa karena aspek musikalitasnya yang cenderung sama.

“Purwakacida diharapkan bisa memberikan warna yang berbeda dengan memberikan setuhan musik sederhana namun mengena di hati penikmat musik tanah air.” (De eL)

Portal berita online Purwakarta

Copyright © 2017 Cidahu News by Jabar Media Net(work)

To Top