Purwakarta

Warga Purwakarta Temukan Bunga Langka

Cidahu.com – Warga Kampung Sukamulya, RT01 RW06, Kelurahan Ciseureuh , Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, mendadak heboh dengan penemuan Bunga Bangkai yang terus tumbuh di halaman salah satu rumah warga.

Tumbuhnya bunga dengan nama latin (Amorphophallus Titanium) tersebut sempat menarik perhatian warga sekitar yang penasaran untuk melihatnya secara langsung bentuk dan jenis bunga tersebut.

Bunga bangkai atau Rafflesia Arnoldi selalu menjadi perhatian warga karena bentuk dan ukurannya yang besar serta aromanya yang tak sedap. Selama ini diketahui bunga itu tumbuh dan dipelihara di Kebun Raya Bogor, Kota Bogor, Jawa Barat dan kali pertama ditemukan di Indonesia adalah di hutan Sumatera.

Bunga tersebut pertama kali ditemukan oleh Iwan Setiawan, ia mengaku sempat kebingungan pasalnya hanya di halaman belakangan rumahnya saja terdapat tumbuh bunga bangkai hingga dua kali yaitu pada Tahun 2016 dan Tahun 2017.

“Bunga Bangkai ini berukuran sekira kurang lebih 60 cm. Tahun-tahun sebelumnya usai muncul umbinya, bunganya kemudian menghilang, paling bertahan 1 minggu setelah bunga mekar seperti ini, ” ujar Iwan kepada sejumlah awak media, Rabu (8/11/2017).

Yang lebih mengherankan kata Iwan, bunga tersebut hanya tumbuh dipekarangan rumahnya saja, Sementara di tempat tetangga atau tempat lainnya di Purwakarta tak satupun yang ditumbuhi bunga bangkai seperti di kediamannya.

“Sedikit bingung sih, aneh aja. Bunga bangkai ini hanya tumbuh di halaman rumah dan tidak ada di tempat tetangga atau sekitarnya. Bunga ini mendadak muncul di halaman rumah, jika ada pergantian musim atau pancaroba,” terangnya.

Ia memperkirakan, tumbuhnya bunga itu dikarenakan dari musim panas ke musim hujan dan juga fenomena alam. Bunga bangkai ini memiliki tinggi sekira 60-65 cm, kalau menjelang sore mengeluarkan aroma bau tak sedap.

“Keunikan bunga ini adalah saat bunganya mengembang langsung mengeluarkan bau busuk disertai banyak lalat di sekitar mahkota bunga. Pada saat mekar diameter bunga bisa mencapai 65 cm, dengan ketinggian mencapai 60 cm,” ucap Iwan.

Menurutnya, dengan tumbuhnya bunga langka ini membuat warga yang penasaran berkerumun untuk menyaksikan fenomena alam tersebut. Bahkan, tak sedikit yang datang lansung mengabadikan melalui telepon gengam warga. (red)

Portal berita online Purwakarta

Copyright © 2017 Cidahu News by Jabar Media Net(work)

To Top