Nasional

Syaiful Huda: LDN Wujudkan Desa Membangun Indonesia

Syaiful Huda saat menyerahkan hadiah kepada Juara Pertama LDN 2017, Minggu (10/12/2017). (Foto: Red)

Cidahu.com – Sang inisiator Liga Desa Nusantara (LDN) 2017 Syaiful Huda (Kang Huda) mengatakan pada tahun 2018 nanti LDN akan dilaksanakan di 18 Provinsi di Indonesia. Hal tersebut dilakukan berdasarkan kesuksesan LDN 2017 yang cukup mendapat antusias yang tinggi dari masyarakat di Provinsi Jawa Barat dan Banten.

“LDN 2017 ini diikuti 270 desa yang ada di Jawa Barat dan Banten. Alhamdulillah dari awal pelaksanaan hingga pertandingan final hari ini semua berjalan lancar dan selesai tepat waktu,” kata Kang Huda saat diwawancara awak media disela-sela pertandingan Final LDN 2017 di lapangan Purnawarman Purwakarta, Minggu (10/12/2017).

Pria yang juga menjadi bakal calon Wakil Gubernur Jawa Barat mendampingi Ridwan Kamil pada Pilgub Jabar 2018 nanti menuturkan, tujuan dilaksanakan LDN ini untuk kembali menggalakan olahraga ditiap desa, mencari bibit atlet yang selama ini masih tersimpan di desa.

Selain itu, Kang Huda menyebutkan LDN 2017 juga merupakan media sportivitas dan semangat bagi desa membangun Indonesia dengan mengoptimalkan dana desa untuk kesuksesan program prioritas kementerian.

“Yang terpenting dari olahraga yaitu sportivitas. Dengan adanya Liga Desa ini, dapat memicu sportivitas desa dalam mewujudkan desa membangun Indonesia,” tutur Staf Khusus Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) tersebut.

Kang Huda menambahkan di dalamnya pelaksanaan LDN terkandung nilai silaturahmi antar desa, sekaligus menggerakkan perekonomian di desa. Sebab, ketika ada keramaian seperti turnamen sepak bola, maka di situ ada perekonomian yang tumbuh atau bergerak.

“Kita senang turnamen ini berjalan sukses. Ini adalah LDN pertama yang dilaksanakan Kemendes PDTT bersama Kemenpora yang dilaksanakan di dua provinsi sebagai percontohan,” tambahnya.

Untuk diketahui, dalam pertandingan Final LDN 2017 yang digelar di lapangan Purnawarman Purwakarta hari ini dihadiri langsung Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo, Menkominfo Rudiantara, Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi.

Pertandingan Final mempertemukan Tim Desa Sukarame, Kabupaten Tasikmalaya dengan Desa Pangulah Selatan, Kabupaten Karawang. Keluar sebagai juara yaitu Desa Sukarame, Kabupaten Tasikmalaya dengan skor 1:0 dengan Desa Pangulah Selatan, Kabupaten Karawang.

Berikut Juara, Pemain Terbaik, Top Skor dan Tim Fair Play di LDN 2017:

  • Juara I: Desa Sukarame, Kabupaten Tasikmalaya
  • Juara II: Desa Pangulah Selatan, Kabupaten Karawang
  • Juara III (Bersama): Desa Cibodas Kabupaten Sukabumi dan Desa Setu Kulon, Cirebon
  • Pemain Terbaik: M. Ardis (Desa Sukarame, Kabupaten Tasikmalaya)
  • Top Skor (8 Goal): Adi Samsu (Desa Pangulah Selatan, Kabupaten Karawang)
  • Tim Fair Play: Desa Cibodas, Kabupaten Sukabumi.
To Top