Purwakarta

Perangi Narkoba Dan Miras Lewat Program Hayu Ratib

Hayuk Ratiban diprogramkan selama ramadhan ini Purwakarta untuk cegah hal negatif, (Foto: Gin)

Cidahu.com – Tokoh Agama asal Desa Cikeris, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta, Husain Syuaib mengatakan akan membuat kegiatan membaca doa dan dzikir bertajuk Hayuk Ratiban selama Bulan Ramadhan 1439 Hijriah di Majelis Ratin Hidayatul Ikhwan miliknya. Kegiatan ratiban tersebut menurut ulama yang akrab disapa Habib Husain adalah salah satu cara untuk menangkal peredaran narkoba dan minuman keras (miras) di semua kalangan, khususnya anak-anak dan remaja.

“Ada kultur yang hilang. Dulu kalau sore atau mau magrib, anak-anak sudah masuk ke rumah, ngaji dan sebagainya. Sekarang udah magrib sampai larut malam justru kelayapan di luar. Makanya saya buat kegiatan ngaji, salawatan dan dan zikir,” jelasnya pada awak media, Kamis (10/5/2018).

Habib yakin ketika anak-anak dan remaja disibukkan dengan kegiatan positif salah satunya kegitan ratiban, mereka akan terhindar dari bujuk rayu narkoba.

“Insya Allah mendekatkan diri dengan kegiatan agama dapat terhindar dari pengaruh narkoba,” ucapnya.

Di singgung soal peredaran narkoba di Purwakarta, Habib Husen merasa prihatin. Namun, ia yakin dan terus mendukung Polres Purwakarta, terutama Satuan Reserse Narkoba Polres Purwakarta dalam memberantas narkoba.

“Tentu saya dukung Sat Res Narkoba Polres Purwakarta untuk menangkap pengedar dan pemakai narkoba termasuk miras,” ujarnya.

Di sisi lain, Kasat Narkoba Polres Purwakarta, AKP Heri Nurcahyo menjelaskan dirinya dan tim merasa semangat untuk bekerja dengan maksimal memberantas peredaran barang haram tersebut.

“Dengan semua dukungan tokoh dan masyarakat khususnya tokoh agama kita jadi lebih semangat,” ucapnya.

AKP Heri berharap, kegiatan Hayuk Ratiban menjadi salah satu cara yang efektif untuk memupuk pondasi agama yang kuat bagi anak muda agar terhindar dari maksiat. (Jn/Gin)

To Top