Hosting Webinar Pertama Anda? 3 Tips untuk Sukses

Cara kita berkomunikasi dan belajar telah berubah secara drastis selama beberapa dekade terakhir. Presentasi pengap yang mengharuskan orang untuk bepergian ke seluruh negeri akan segera berakhir. Sekarang, kita telah pindah ke zaman webinar.

Webinar adalah presentasi di mana host berbagi informasi dengan audiens. Informasi dapat berupa apa saja, asalkan itu mendidik audiens Anda dengan memberi mereka informasi baru dan menarik, atau memberikan nilai kepada mereka melalui informasi yang mungkin lebih sulit untuk dipahami tanpa tuan rumah. Menurut sebuah studi oleh Content Marketing Institute, 61 persen pemasar konten B2B menggunakan webinar sebagai alat yang efektif untuk memasarkan bisnis mereka.

Jika Anda siap untuk memulai hosting webinar Anda sendiri, berikut adalah tiga tips untuk membantu memakukan presentasi pertama Anda.

Pertimbangkan Konten Di Atas Pitch Anda

Salah satu masalah terbesar yang pertama kali diciptakan pembuat webinar adalah mereka memfokuskan semua sumber daya mereka untuk membuat penjualan yang sempurna di akhir. Tujuan Anda dengan webinar Anda adalah untuk menyebarkan kesadaran akan merek Anda dan memberikan nilai kepada orang-orang yang meluangkan waktu untuk menonton presentasi Anda.

Bayangkan jika Anda berinvestasi dalam webinar yang akan datang, hanya untuk mengetahui bahwa itu adalah promosi besar. Dua hal kemungkinan akan terjadi. Pertama, Anda mungkin akan kecewa dengan tuan rumah, dan kedua, Anda akan cenderung untuk kembali dan menonton webinar berikutnya dari pencipta itu.

Harvard Business Review mengutip dalam temuan mereka bahwa webinar paling efisien ketika mereka mengajarkan teknologi yang baru muncul. Alasannya sederhana – orang mencari informasi yang dapat dipercaya dari sumber yang memiliki reputasi baik. Langsung melompat ke lapangan dapat menghancurkan peluang Anda untuk tampil kredibel.

Tidak ada yang salah dengan mengerjakan penjualan Anda dan menyempurnakannya. Namun, perhatian utama Anda harus mendidik dan terlibat dengan audiens Anda.

Gunakan Waktu untuk Keuntungan Anda

Anda selalu ingin memastikan bahwa Anda cerdas dengan manajemen waktu pada setiap proyek lain, dan webinar tidak berbeda. Bukan hanya penting bagi Anda untuk bekerja dalam batasan waktu Anda sendiri, Anda juga harus bekerja di antara target audiens Anda waktu yang tersedia.

Masalah dengan pemirsa di seluruh dunia adalah waktu yang tersedia bisa bervariasi. Webinar Ninja melakukan penyelaman mendalam ke angka-angka dan menemukan bahwa tidak ada hari "terbaik" yang solid untuk menjadi tuan rumah webinar. Tanggal webinar Anda akan bergantung pada audiens Anda dan bagaimana minggu kerja mereka mengalir, secara budaya. Misalnya, di A.S., Rabu dan Kamis dianggap sebagai hari terbaik untuk webinar. Namun, jika audiens Anda berada di India, Anda mungkin ingin meng-host webinar Anda pada hari Kamis atau Jumat karena minggu kerja mereka berlangsung hingga Sabtu.

Aturan umum adalah Anda ingin menghindari hari pertama dan terakhir minggu kerja untuk audiens target Anda. Ini biasanya merupakan waktu untuk memulai proyek baru atau menutup proyek yang sudah ada dan jalan buntu.

Webinar Ninja memang menemukan "sweet spot" karena berkaitan dengan waktu. Biasanya, Anda dapat memperluas jangkauan dengan hosting webinar Anda antara pukul 11 ​​pagi dan 2 siang. pada hari "baik" untuk audiens Anda, dan di zona waktu mereka. Mereka menemukan bahwa selama ini, presentasi webinar mereka memiliki tingkat kehadiran 47 persen. Saat pertengahan rendah 20-an adalah tingkat kehadiran rata-rata, aman untuk mengatakan bahwa ada waktu yang tepat untuk menjadi tuan rumah webinar pertama Anda.

Gunakan Semua Saluran Pemasaran Anda untuk Promosi

Ketika Anda memutuskan untuk meng-host webinar, Anda harus memberi tahu pengikut dan orang lain di audiens target Anda bahwa itu terjadi. Anda harus mencoba memulai rencana pemasaran Anda setidaknya sebulan sebelum webinar ditayangkan. Buat formulir kontak untuk webinar Anda sehingga orang yang tertarik dapat mendaftar lebih awal. Ini adalah kesempatan bagus untuk memungkinkan pemirsa mengajukan pertanyaan lebih awal jika Anda berencana untuk melakukan tanya jawab langsung.

Anda akan ingin membawa senjata besar, membuat kampanye iklan media sosial melalui Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn atau apa pun outlet lain yang sering Anda kunjungi. Pastikan Anda memasarkan audiens target Anda, jelaskan manfaat webinar dan biayanya (jika ada).

Pada saat yang sama, setiap pelanggan yang datang ke situs web Anda harus tahu bahwa webinar Anda akan datang. Anda dapat membuat sembulan pilihan kustom untuk pelanggan dan mendorong mereka untuk mendaftar ke milis Anda untuk informasi lebih lanjut tentang webinar saat tanggal presentasi mendekati.

Akhirnya, Anda akan ingin mengirimkan email pengingat ke daftar utama yang mengarah ke webinar. Aturan yang baik adalah mengirim pengingat dua minggu, pengingat satu minggu, pengingat satu hari, dan pengingat dua hari.

Kesimpulan

Tidak ada keraguan bahwa perlu saraf baja untuk melakukan webinar langsung pertama Anda – tetapi itu sangat berharga. Pengalaman dan interaksi pribadi yang Anda dapatkan dengan basis pelanggan Anda tidak tertandingi. Anda akan dapat menjangkau khalayak yang lebih luas, memberikan informasi berharga tentang teknologi dan ide yang muncul, serta merek Anda dan bagaimana Anda dapat membantu.

Jika Anda menggunakan wawasan untuk melacak lalu lintas dan penjualan pasca-webinar Anda, Anda akan dapat melihat apakah acara Anda memiliki dampak yang nyata pada bisnis Anda.

Jangan takut kesalahan – kita semua membuatnya. Ketika Anda mendapatkan pengalaman dengan hosting webinar, Anda akan meningkat. Terkadang yang diperlukan hanyalah tip yang tepat, dan kemampuan untuk menemukan suara Anda.

Topic:

Just For You