Punya Data? Cara Meningkatkan Penghasilan Bisnis E-commerce Anda

Setiap bisnis e-commerce memiliki akses ke sejumlah besar data setiap hari. Dari perilaku pelanggan Anda hingga strategi pemasaran yang digunakan, setiap tindakan dan tanggapan di situs web e-commerce Anda mengungkap data tambahan yang dapat menyimpan informasi berharga.

Jika Anda menggunakan semua data ini hanya untuk memantau lalu lintas ke halaman arahan yang berbeda, maka Anda mungkin membiarkan sebagian besar data terbuang sia-sia dan dengan demikian berpotensi menghasilkan pendapatan. Ada banyak alat AI dan algoritma pembelajaran mesin yang memungkinkan Anda memperoleh wawasan yang dapat digunakan dari data yang Anda kumpulkan. Dengan hanya menggunakan beberapa alat ini, Anda dapat melakukan banyak hal untuk meningkatkan pendapatan bisnis Anda.

1. Merekomendasikan produk berdasarkan kecerdasan prediktif

Jika Anda telah mengamati cara pelanggan biasa melakukan pembelian secara online, Anda akan tahu bahwa itu sama sekali tidak dapat diprediksi dan seimbang. Pelanggan dapat menelusuri berbagai situs e-commerce pada saat yang sama, sering membaca blog yang berbeda di antara ulasan dan rekomendasi, kadang-kadang mencari kode promo dan diskon sebelum akhirnya membuat keputusan untuk membeli produk.

Perilaku ini hanya dapat dilacak dengan baik melalui alat pemantauan khusus yang dirancang untuk melacak setiap klik dan menjeda pelanggan di situs web. Dengan memahami dan mensegmentasi pelanggan berdasarkan perilaku ini dan pencarian serta pembelian mereka di masa lalu, bisnis e-commerce dapat membuat rekomendasi yang tampak menarik bagi pelanggan.

Anda dapat menggunakan algoritme otomatis untuk menghasilkan rekomendasi bagi pengguna tergantung pada perilaku pelanggan dari segmentasi yang sama, pencarian pengguna saat ini, dan pengalaman masa lalu mereka dengan situs web Anda. Amazon adalah salah satu contoh terbaik dari pengecer online menggunakan rekomendasi prediktif ini untuk mengarahkan sebagian pendapatannya.

2. Tren dan tuntutan perkiraan

Memprediksi permintaan sebelumnya akan menghemat banyak biaya persediaan. H&M, salah satu pengecer top di dunia, berinvestasi di gudang otomatis yang didukung oleh algoritma dan data di Eropa, menjanjikan pengiriman hari berikutnya dan pengiriman gratis dalam menanggapi permintaan konsumen. Ini membantu menjaga biaya persediaan seminimal mungkin tanpa kehabisan produk ketika permintaan muncul.

Analisis data besar akan memberi tahu Anda peningkatan permintaan untuk produk tertentu selama tren tertentu, yang memungkinkan Anda memanfaatkan yang terbaik darinya dan meningkatkan penjualan Anda. Dari mengikuti percakapan yang terjadi di media sosial, peningkatan jumlah posting untuk tren tertentu dan produk-produk terbaru yang dipromosikan oleh kepribadian media sosial, algoritma pembelajaran mesin dapat memprediksi tren peningkatan yang bisa menjadi buzz terbaru industri.

Misalnya, berdasarkan pakaian terbaru yang populer di kalangan selebritas, hit peragaan busana terkini dan kemudahan akses produk, toko pakaian online dapat memprediksi tren mode dan menyimpan pakaian tepat pada waktunya untuk memenuhi tren di puncaknya. Mereka bahkan dapat melangkah selangkah lebih maju untuk mendapatkan ruang iklan dengan harga murah bagi tren untuk meningkatkan pendapatan mereka lebih banyak lagi.

Demikian pula, meramalkan permintaan yang akurat selama liburan dan penawaran musiman tertentu akan menghemat biaya persediaan dengan membiarkan Anda fokus pada produk yang paling Anda butuhkan. Amazon menggunakan alat peramalan untuk memprediksi fluktuasi permintaan berdasarkan perilaku pelanggan dan data historis.

3. Menawarkan layanan pelanggan terbaik

Tahukah Anda bahwa layanan pelanggan yang buruk membebani bisnis lebih dari $ 75 miliar per tahun? Apa pun jenis produk yang Anda jual, pelanggan harus selalu menjadi prioritas Anda. Dengan banyak bisnis serupa yang memadati industri yang sama, kelalaian atau kesalahan kecil di pihak Anda dapat mendorong pelanggan Anda ke pesaing Anda dan kehilangan sebagian besar pendapatan Anda.

Menyesuaikan situs web Anda untuk setiap pelanggan menjadi penting. Anda dapat mempersonalisasikan situs dengan rekomendasi produk berdasarkan perilaku pelanggan dan data historis mereka, membantu mereka menemukan apa yang mereka inginkan dalam waktu singkat tanpa keributan.

Belakangan ini, chatbots praktis menjadi tambahan wajib bagi toko e-commerce Magento. Chatbot ini hanya efektif jika Anda menggunakan jenis data yang tepat untuk menganalisis dan memberikan respons yang tepat bagi pelanggan. Pelanggan tidak perlu menunggu lama untuk berbicara dengan perwakilan untuk menyelesaikan masalah umum seperti mencari tahu di mana produk mereka atau kapan akan dikirim. Chatbots dapat memberikan informasi semacam itu dalam hitungan detik dan dapat dikembangkan lebih lanjut untuk menjawab lebih banyak pertanyaan dengan cara yang manusiawi dan interaktif.

Bisnis e-commerce tidak memiliki kelangkaan data. Jika Anda dapat mengubah data ini menjadi wawasan yang dapat digunakan, ini dapat sangat meningkatkan pendapatan Anda.

Topic:

Just For You