Berpikir untuk Menjual Bisnis Anda dalam Beberapa Tahun? Mulai Mempersiapkan Sekarang

Bahkan, di antara pemilik yang berniat untuk menjual bisnis mereka, hampir setengahnya berencana untuk melakukannya dalam jangka waktu lima tahun – tetapi menurut survei tahun 2018 oleh UBS Investor Watch, mayoritas besar (75 persen) percaya bahwa mereka dapat menjual dalam 12 bulan tanpa mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mempersiapkan .

Yang benar adalah, jalan keluar yang sukses membutuhkan persiapan bertahun-tahun. Bahkan jika penjualan tidak terjadi selama lima tahun, atau bahkan 10 tahun, ada banyak hal yang dapat dilakukan sekarang untuk meningkatkan nilai dan daya tarik bisnis, sementara juga mempersiapkan pemilik untuk transaksi yang pada akhirnya berhasil. Jika penjualan tidak pernah terjadi – jika pemilik berubah pikiran, misalnya – perusahaan masih unggul karena telah membangun bisnis yang lebih berkelanjutan dan menguntungkan.

Berikut adalah hal-hal penting yang harus dipertimbangkan dan ditindaklanjuti oleh pemilik yang memikirkan penjualan masa depan perusahaan mereka.

Memahami penilaian perusahaan

Bahkan bertahun-tahun sebelum penjualan potensial, penting untuk memiliki ide realistis tentang nilai perusahaan Anda. Ini memengaruhi perencanaan, dan pada akhirnya kesejahteraan finansial Anda.

Meskipun pemilik dapat dipengaruhi oleh cerita tentang teman yang menjual perusahaan mereka di kelipatan astronomi, penting untuk tidak melebih-lebihkan. Pada akhirnya, sebuah perusahaan hanya bernilai apa yang sebenarnya akan dibayar seseorang. Ini dapat bervariasi berdasarkan kondisi bisnis dan industri tempatnya beroperasi; didukung oleh kemampuannya untuk menghasilkan penjualan, arus kas dan / atau laba, serta nilai aset.

Ketahui driver nilai

Jika Anda memiliki nilai perusahaan yang realistis, langkah selanjutnya adalah menjawab pertanyaan, apa yang menjadi penggerak nilai di perusahaan Anda? Mengetahui jawaban itu memungkinkan Anda memusatkan waktu dan energi untuk meningkatkan pendorong nilai yang kurang, dan untuk memelihara dan melindungi mereka yang berkinerja baik. Penting juga untuk mempertimbangkan elemen bisnis apa yang paling memotivasi pembeli. Penjual yang mencari pembeli keuangan mungkin fokus pada peningkatan profitabilitas, sedangkan penjual yang ingin menarik pembeli strategis mungkin fokus pada peningkatan merek dan pangsa pasar.

Mengurangi ketergantungan pemilik dan membangun tim

Membangun struktur perusahaan yang tidak terlalu bergantung pada pemilik dan lebih pada tim adalah hal penting dalam daftar "yang harus dilakukan" bagi mereka yang bahkan mempertimbangkan penjualan di masa depan. Ini adalah tugas yang sebaiknya dimulai lebih awal daripada nanti karena itu juga memberikan perlindungan jika terjadi penyakit yang tidak terduga atau bahkan kematian. Memiliki tim manajemen yang kuat juga dapat membuat bisnis lebih menarik bagi pembeli di masa depan dan akan membantu memastikan transisi yang lancar setelah penjualan.

Memformalkan proses perusahaan

Banyak bisnis kecil yang sukses dapat lolos dengan proses dan sistem informal ad-hoc, tetapi ini akan mengurangi nilai perusahaan ketika saatnya tiba untuk menjual. Dokumentasi yang lebih baik, kontrol operasi, dan tata kelola sangat membantu memungkinkan perusahaan terlihat lebih baik bagi pembeli potensial. Inti dari ini adalah penghitungan akurat informasi historis dan tepat waktu serta penggunaan perkiraan dan anggaran untuk memandu kinerja masa depan.

Memahami kualitas pendapatan

Melihat perusahaan Anda seperti pembeli potensial akan membantu Anda memahami cara terbaik untuk memaksimalkan kekayaan pribadi ketika tiba saatnya untuk menjual. Ingat, penawaran dikembangkan menggunakan rumus spesifik yang memperhitungkan aset akun, penghasilan industri, dan utang atau kerugian apa pun. Terlepas dari persamaan yang digunakan, "E" (penghasilan) adalah penentuan yang obyektif – jadi uang akhirnya di saku Anda seringkali merupakan fungsi dari penghasilan berlipat kali. Kelipatan ini bersifat subjektif, biasanya berdasarkan pada penilaian pembeli potensial terhadap kualitas dari pendapatan perusahaan Anda. Meningkatkan kualitas itu akan membantu mendorong penilaian yang superior, tetapi itu membutuhkan waktu.

Beralih ke para ahli

Keluar adalah kenyataan bagi semua pemilik bisnis. Baik itu beberapa dekade dari sekarang atau bertahun-tahun ke depan, didorong oleh ambisi atau kebutuhan, perencanaan dan dukungan yang cermat dari bank investasi tidak diragukan lagi memastikan hasil terbaik dengan lebih sedikit hambatan. Temukan perusahaan yang dapat membantu bisnis Anda mengidentifikasi peluang dan menavigasi jalannya melalui transaksi M&A untuk memaksimalkan nilai dan mencapai hasil yang menguntungkan.

Topic:

Just For You