4 cara sederhana bisnis kecil dapat menggunakan data untuk membangun hubungan pelanggan yang lebih baik

Dalam dunia di mana pelanggan dibombardir di setiap saluran yang mungkin dengan pesan merek, penargetan lebih penting daripada sebelumnya. Usaha kecil harus dapat membuat kampanye mereka terasa relevan dan pribadi untuk mengimbangi, tetapi proses yang terlibat – mengumpulkan, mengorganisir dan menafsirkan data pelanggan agar dapat ditindaklanjuti – sering mengintimidasi usaha kecil dan pengusaha solo dengan waktu terbatas dan sumber daya.

Mengumpulkan, mengatur, dan belajar dari data pelanggan Anda sangat penting, tidak peduli seberapa besar tim Anda atau tingkat pertumbuhan Anda. Kenyataannya, tidak ada waktu yang lebih baik untuk mempertimbangkan proses Anda untuk data daripada saat Anda baru saja memulai. Dan memulai dengan strategi dasar untuk membangun hubungan pelanggan tidak harus sulit – ada beberapa langkah sederhana yang dapat Anda ambil untuk menghemat banyak waktu saat bisnis Anda tumbuh dan berkembang.

Dari saat Anda memulai bisnis dan membangun kehadiran online, Anda harus meletakkan dasar untuk strategi CRM yang efektif. Ini termasuk: membangun satu sumber kebenaran untuk data pelanggan Anda, menjadi bijaksana dan terorganisir tentang bagaimana Anda mengumpulkan informasi dan menyiapkan proses yang tepat untuk menafsirkan data itu dan membuatnya berfungsi untuk pemasaran Anda. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat ditindaklanjuti (dengan contoh) untuk dilakukan sekarang:

  • Kumpulkan: Pastikan Anda mengatur orang-orang yang ingin dipasarkan. Baik Anda berinteraksi secara online atau secara langsung, Anda harus mengumpulkan wawasan sebanyak mungkin (misalnya, menambahkan formulir pop-up ke situs web Anda untuk menangkap pengunjung, atau bertanya kepada orang-orang tentang minat khusus mereka ketika mereka mendaftar untuk email Anda daftar di toko) dan konsolidasi mereka sehingga Anda dapat menggunakannya untuk memasarkan.
  • Atur: Setelah Anda memiliki data ini, pastikan Anda mengelolanya dengan cara yang akan memberi Anda gambaran lengkap tentang pelanggan Anda, dan memudahkan Anda mengakses wawasan yang paling penting agar bisnis Anda tahu. Menciptakan sistem di mana Anda dapat dengan mudah menyortir kontak Anda berdasarkan pada sifat bersama – seperti geografi, perilaku pembelian, atau tingkat keterlibatan – akan membuatnya lebih mudah untuk menargetkan orang yang tepat dengan pesan yang tepat.
  • Temukan wawasan: Temukan pola dalam data yang dapat memicu gagasan baru untuk pemasaran Anda. Misalnya, kesadaran bahwa pelanggan Anda yang paling aktif terlibat di Pacific Northwest dapat mengarah ke kampanye bertema yang menargetkan audiens ini, rencana untuk toko pop-up di lokasi itu atau bahkan hanya membantu Anda merencanakan pengiriman email berdasarkan waktu itu zona.
  • Ambil tindakan: Ubah wawasan menjadi tindakan, dan lakukan otomatisasi untuk menghemat waktu. Saat Anda mempelajari lebih lanjut tentang audiens Anda dan apa yang berhasil untuk melibatkan mereka, pastikan Anda membuat wawasan ini dapat diukur dengan menyiapkan otomatisasi untuk memicu pesan yang dipersonalisasi berdasarkan data demografis atau perilaku yang berbeda.

Melakukan ini dengan benar tidak akan hanya menghasilkan kampanye pemasaran yang lebih personal dan hubungan pelanggan yang lebih kuat dan lebih loyal – ini juga akan membantu Anda menjadi pintar tentang di mana Anda memfokuskan anggaran dan sumber daya saat Anda terus tumbuh.

Pos 4 cara sederhana usaha kecil dapat menggunakan data untuk membangun hubungan pelanggan yang lebih baik muncul pertama kali di Marketing Land.

Topic:

Just For You