Panduan untuk Menggunakan Influencer dan Pendukung Merek untuk Meningkatkan Penjualan

 

Statistik menunjukkan bahwa pendukung merek memiliki peluang hampir 50% untuk mempengaruhi keputusan pembelian dan 70% lebih mungkin dipercaya sebagai sumber informasi. Apa artinya ini bagi pemilik bisnis adalah berinvestasi dalam influencer dan advokat merek adalah cara yang harus ditempuh jika Anda ingin meningkatkan penjualan.

Dengan menggunakan strategi ini, Anda dapat memanfaatkan individu yang berpengaruh di komunitas, blogger, dan pendukung merek lainnya untuk meningkatkan penjualan Anda baik online maupun offline. Ingin melihat seberapa jauh perbedaan metode pemasaran ini? Ikuti panduan kami untuk menggunakan influencer dan advokat merek untuk meningkatkan penjualan.

Siapa Influencer Sempurna Untuk Bisnis Anda?


Ini adalah seseorang yang memiliki kombinasi yang tepat dari pengikut yang terlibat, loyalitas, dan afinitas terhadap suatu merek. Selain itu, ia akan membuat konten (baik audio atau visual) yang sesuai dengan pesan perusahaan dan keyakinan serta minat pelanggan mereka yang ada dan potensial.

Untuk menjadi kandidat yang tepat untuk merek Anda, influencer harus memenuhi tiga kriteria penting ini: Lingkup, Signifikansi, dan Resonansi.

Lingkup mengacu pada berapa banyak orang yang mengakses konten mereka. Merek besar tertarik pada selebriti dengan cakupan luas, karena mereka dapat mencapai kesadaran yang signifikan tentang produk atau layanan mereka menggunakan influencer ini.

Signifikansi berhubungan dengan tingkat penyelarasan antara influencer (s) dan audiens target Anda. Jika apa yang Anda jual sejalan dan relevan dengan audiens influencer, itu lebih bermakna bagi mereka dan akan mengarah pada kesuksesan.

Resonansi bekerja dengan signifikan ketika berbicara tentang influencer sempurna. Produk Anda harus penting bagi influencer dan audiensnya.

Saat memilih influencer yang sempurna untuk bisnis Anda, pastikan bahwa ada kesamaan atau hubungan dengan tujuan Anda di ketiga area. Menggunakan hanya satu kriteria untuk menentukan influencer atau advokat merek untuk bisnis Anda berarti Anda akan kehilangan keuntungan dari dua lainnya.

Bagaimana Menemukan Influencer yang Efektif untuk Bisnis Anda

Jika apa yang Anda butuhkan untuk bisnis Anda strategi pemasaran adalah influencer, langkah pertama adalah menentukan tujuan Anda. Apakah Anda mencoba membuat lebih banyak orang mengunjungi toko lokal Anda atau mengunjungi situs web Anda? Maka Anda perlu menemukan orang-orang di komunitas lokal Anda yang berbicara tentang industri Anda. Bahkan jika produk Anda memiliki daya tarik massa, cobalah untuk mempersempit braket target pelanggan sebanyak mungkin. Semakin kecil target pasar Anda, semakin personal, relevan, dan menarik pengiriman pesan Anda.

Misalnya, jika Anda menjual pakaian bayi ke pasar sasaran Welsh, maka Anda harus mencari di Google untuk ‘pakaian bayi imut di Wales.’ Selain daftar bisnis online yang cocok dengan frasa pencarian yang akan muncul di hasil pencarian, juga akan ada URL yang menautkan ke konten online terkait. Biasanya, beberapa konten tersebut adalah blog milik blogger di daerah Anda.

Jika Anda tidak dapat menemukan blog dan blogger hebat, jangan putus asa, ada cara lain untuk menemukan influencer dengan cakupan, arti, dan resonansi yang tepat untuk bisnis Anda. Periksa beberapa situs web organisasi berita lokal di daerah Anda untuk menemukan informasi yang Anda butuhkan. Bacalah bagian komentar, dan Anda mungkin akan menemukan beberapa orang dengan pemahaman yang baik tentang industri Anda.

Twitter adalah pilihan hebat lainnya untuk menemukan influencer yang efektif. Buka halaman pencarian twitter dan lakukan pencarian yang sama. Pastikan Anda mencari area yang relevan untuk mendapatkan hasil terbaik.

Tahap Pemantauan Influencer

Mengapa Anda perlu memantau influencer? Melompat masuk untuk melibatkan layanan influencer untuk memasarkan bisnis Anda dapat sangat menurunkan peluang Anda untuk sukses. Anda akan mempresentasikannya sebagai perwakilan merek Anda kepada pelanggan target Anda, oleh karena itu tahap pemantauan pengaruh tidak boleh diabaikan.

Mulailah dengan memantau kegiatan sehari-hari mereka, jenis konten yang mereka posting, dan apa yang paling berhubungan dengan audiens mereka. Pada tahap pemantauan, Anda bisa mengenal calon influencer dan mempermudah proses membangun hubungan kerja dengan mereka di masa depan.

Siapa yang Anda pilih? Seseorang dengan cakupan media sosial yang luas sekitar 200.000 pengikut atau satu dengan 20.000 pengikut?

Sebagian besar bisnis akan mencari orang dengan lebih banyak pengikut sebagai pemberi pengaruh merek mereka, tetapi ini tidak selalu merupakan pilihan yang lebih baik. Faktanya adalah, influencer dengan pengikut yang lebih besar memiliki pengaruh yang lebih kecil daripada mereka yang lingkup pengaruhnya lebih kecil.

Lebih sering daripada tidak, itu adalah influencer dengan jumlah pengikut yang lebih kecil yang memiliki pengaruh kuat dalam ceruk mereka. Oleh karena itu, lebih besar tidak selalu lebih baik dalam hal pemasaran influencer, dan memantau prospek Anda sebelum melibatkan mereka adalah cara terbaik untuk mengetahuinya.

Membangun Hubungan Bisnis-Influencer

Setelah Anda membuat keputusan tentang influencer yang ingin Anda ajak berkolaborasi, langkah selanjutnya adalah membuat mereka memperhatikan Anda. Hubungan ini membutuhkan waktu untuk dibangun. Beberapa petunjuk bermanfaat untuk membangkitkan minat influencer Anda termasuk:

  • Mulai terhubung dengan mereka secara online. Jika mereka adalah blogger, usahakan untuk membaca posting mereka dan tinggalkan komentar untuk menunjukkan bahwa Anda tertarik dan Anda menemukan informasi mereka berharga.
  • Anda harus menggaruk punggung mereka sehingga mereka bisa menggaruk punggung Anda secara bergantian. Bagikan konten blog mereka di blog, akun Twitter, halaman Instagram, halaman bisnis Facebook Anda, dan beri tag mereka di jejaring sosial yang berbeda juga.
  • Ketika Anda telah membangun percakapan dua arah dengan mereka, inilah saatnya untuk mengundang mereka berkunjung ke perusahaan lokal Anda. Beberapa bisnis menawarkan insentif pada tahap ini sehingga influencer merasa lebih cenderung menyebutkan bisnis mereka secara online, untuk mendapatkan lebih banyak kesadaran merek dan mudah-mudahan meningkatkan penjualan.

Tidak semua influencer diciptakan sama. Karena itu, seefektif metode menggunakan advokat merek dan pemasaran influencer, Anda masih perlu memilih orang yang tepat yang memiliki jangkauan dan relevansi, dan juga dapat beresonansi keras dengan audiens target Anda untuk mencapai hasil yang Anda inginkan.

Posting Panduan untuk Menggunakan Influencer dan Pendukung Merek untuk Meningkatkan Penjualan muncul pertama kali.

Topic:

Just For You