Panduan Bisnis untuk Menjalankan Strategi Media Sosial yang Efektif

Media sosial sekarang menjadi kebutuhan sebagai alat untuk memasarkan dan menumbuhkan startup. Ketika datang untuk menumbuhkan audiens dan mengubahnya menjadi penjualan terukur, Anda membutuhkan strategi media sosial yang berfungsi. Startup membutuhkan visibilitas merek agar dapat berkembang, dan audiens pertama yang dapat digunakan oleh suatu bisnis dengan konten mereka, akhirnya menjadi pelanggan setia merek tersebut. Inilah sebabnya mengapa media sosial penting di tingkat startup dan juga di luarnya, seiring pertumbuhan bisnis. Bisnis, startup dan yang mapan sama, tidak mampu mengabaikan nilai media sosial sebagai platform pemasaran dan komunikasi yang penting. Panduan komprehensif ini akan membantu Anda memahami bagaimana Anda dapat menggunakan media sosial sebagai bisnis juga dan menikmati manfaatnya.

Mulai Dengan Strategi Media Sosial

Apa tujuan dan sasaran bisnis Anda? Bagaimana media sosial dapat membantu Anda mencapainya? Ini adalah pertanyaan yang pertama-tama harus Anda jawab. Juga siapa audiens target Anda dan gambar seperti apa yang Anda coba tampilkan di media sosial? Apakah merek Anda cocok untuk nada formal dan profesional dengan pesan media sosial atau yang lebih informal? Secara umum, budaya perusahaan Anda akan menentukan keberadaan online Anda. Bahkan jika Anda memiliki pendekatan praktis, tanpa basa-basi untuk pesan sosial, Anda masih bisa menyuntikkan sedikit humor sekarang dan lagi. Namun, umpan Anda harus memiliki rasa yang lebih konsisten.

Strategi media sosial Anda karenanya, harus mendefinisikan nilai-nilai perusahaan, kepribadian merek, dan nuansa penting budaya perusahaan Anda. Setelah menguraikan identitas bisnis dan merek Anda, membuat strategi media sosial yang mendukung akan mudah. ​​

Bekerja dengan Platform yang Dapat Anda Tangani

Sebagai bisnis pemula, dapat dimengerti jika Anda tidak dapat menyewa pemasar media sosial karena keterbatasan tenaga kerja atau menggunakan alat media sosial yang mahal. Tangan Anda mungkin sudah penuh dengan tugas-tugas Anda sehari-hari, menciptakan dan memasarkan konten dan interaksi media sosial. Inilah sebabnya mengapa bisa sangat menantang untuk menargetkan banyak platform yang berbeda pada saat yang sama dan menanganinya dengan keterlibatan dan fokus yang sama. Rute yang lebih baik adalah memprioritaskan platform dan ketika bisnis Anda tumbuh dan berkembang, Anda dapat mengambil pemasar media sosial profesional, alat berkualitas, aplikasi seluler bisnis, dan menyebar jangkauan Anda di platform lain.

Tentukan Tujuan Anda

Terkadang startup memiliki banyak harapan besar dari strategi media sosial yang mereka adopsi. Namun, menetapkan tujuan yang jelas untuk dicapai perusahaan Anda melalui media sosial benar-benar dapat merampingkan seluruh proses dan membantu Anda menemukan apa yang berfungsi dan apa yang tidak. Beberapa tujuan yang baik untuk diadopsi untuk perusahaan Anda meliputi: pembuatan timbal, distribusi konten, kesadaran merek, dan basis pelanggan yang berkembang.

Tujuan-tujuan ini akan memberikan visi yang jelas tentang apa yang perlu Anda capai dengan media sosial, dan membantu Anda memilih platform terbaik yang cukup mendukung tujuan-tujuan tersebut. Menentukan platform media sosial yang tepat untuk startup Anda akan tergantung pada strategi, pendekatan, dan tujuan media sosial Anda. Karena itu, biasakan diri Anda dengan informasi yang tersedia tentang jenis pengguna yang mengunjungi dan terlibat dengan situs Anda. Anda kemudian dapat memberi tekanan pada jenis konten yang menghasilkan jumlah pemirsa terbesar yang ingin Anda jangkau.

Buat Profil dan Halaman Sosial yang Berkualitas

Profil dan halaman yang kuat di jejaring sosial Anda menjadi titik awal yang kuat untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Artinya, akun sosial Anda perlu memberikan foto sampul bermerek, foto profil, dan semua detail yang diperlukan juga harus diisi. Misalnya, di Twitter, Anda hanya perlu mengisi bio-karakter 160-lokasi, tautan, dan tautan situs web. Untuk Facebook, Anda harus memberikan deskripsi singkat, tautan situs web, alamat, dan nomor telepon. Namun jangan berhenti di situ, coba dan isi kolom sebanyak mungkin untuk profil dan halaman sosial Anda. Tindak lanjuti dengan beberapa pembaruan dan beberapa konten yang menawan sebelum mulai membangun audiens. Orang yang mendarat di akun sosial Anda akan melihat bahwa akun Anda aktif dan ada konten di halaman Anda yang menarik minat mereka.

Jadikan Konten User-centric

 

Mem-posting konten dengan pengguna Anda sebagai fokus utama sangat penting jika Anda mencoba untuk mencapai hasil yang cepat dan traksi yang berkelanjutan di platform media sosial Anda. Pertama, Anda harus mencari tahu siapa pengguna Anda dengan membuat profil pengguna yang paling mungkin menemukan konten Anda menarik dan bermanfaat. Profil pengguna penting karena membantu Anda untuk memiliki strategi konten untuk audiens Anda karena konten Anda tidak dapat melayani semua orang. Preferensi dan titik sakit pengguna dari profil pengguna Anda akan membantu Anda membuat strategi konten yang terperinci dan unik. Banyak bisnis, terutama yang besar cenderung menggeneralisasi konten atau mengabaikan prioritas di mana memposting di platform sosial yang bersangkutan. Namun, sebagai startup yang bertujuan untuk berhasil melalui media sosial, penting untuk berfokus pada menciptakan pemirsa khusus yang terlibat dengan konten Anda dengan cepat. Karenanya, konten yang berpusat pada pengguna adalah cara untuk melakukannya.

Membangun Komunitas

Membangun komunitas pelanggan setia melibatkan melibatkan pengguna Anda, menginspirasi mereka dan membuat mereka berkomitmen terhadap merek Anda. Karena itu, alih-alih membiarkan pengguna Anda masuk dan keluar secara pasif dari halaman media sosial Anda, lebih baik perhatikan untuk membangun keterlibatan pelanggan dengan merek Anda. Temukan cara-cara kreatif untuk membuat pengguna media sosial Anda mengetahui produk dan layanan Anda, dan menciptakan peluang bagi mereka untuk merasakan merek Anda dengan cara yang positif. Akibatnya, pengguna tersebut dapat menjadi duta besar jangka panjang untuk merek Anda dan membantu Anda mendapatkan lebih banyak pengguna dan pelanggan dari teman dan pengikut mereka. Karena itu, luangkan waktu untuk mendengarkan dan berinteraksi dengan semua orang di jejaring sosial Anda. Imbalan yang dihasilkan akan datang dalam bentuk lebih banyak pelanggan, penjualan, dan pengikut berkualitas yang sangat tertarik dengan bisnis Anda.

Media sosial sebagai alat untuk pertumbuhan bisnis lebih dari menghasilkan sejumlah besar ‘suka’. Khususnya bagi startup, media sosial adalah bagian besar dari pemasaran dan digunakan dengan benar, Anda mungkin mulai melihat pertumbuhan yang lebih besar daripada yang Anda perkirakan.

Posting Panduan Bisnis untuk Menjalankan Strategi Media Sosial yang Efektif muncul pertama kali.

Topic:

Just For You