Mengapa Waktu Blockchain Belum Tiba

Blockchain adalah salah satu yang sering muncul di berita utama di seluruh dunia, tetapi selama beberapa bulan terakhir teknologi ini telah melihat penurunan serius dalam jumlah gebrakan media yang mengelilinginya. Teknologi buku besar yang terdesentralisasi telah lama dipagari sebagai aset revolusioner yang akan mengubah dunia bisnis dan kehidupan pribadi kita, tetapi beberapa kritikus sekarang berpendapat bahwa blockchain hanyalah sebuah inovasi trendi yang sudah mulai memudar menjadi tidak penting.

Blockchain mungkin tidak lagi berada di tengah sorotan media, tetapi bodoh jika menghitung teknologi sepenuhnya. Inilah mengapa waktu blockchain belum tiba, dan mengapa itu akan semakin penting seiring berjalannya waktu.

Teknologi dan pendukungnya masih jatuh tempo

Sangat mudah untuk menolak proposal blockchain sebagai fantasi pie-in-the-sky, tetapi apa yang disadari beberapa kritikus adalah bahwa kita baru saja mulai belajar tentang berbagai cara layanan blockchain dapat merevolusi kehidupan kita. Teknologi itu sendiri dan pendukung utamanya masih matang dan akan membutuhkan waktu untuk mengembangkan kaki laut mereka sebelum mereka siap untuk adopsi yang luas dari layanan blockchain. Peraturan untuk teknologi awalnya dijauhi, misalnya, tetapi sekarang semakin jelas bahwa standar yang lebih hati-hati untuk tata kelola blockchain diperlukan jika teknologi tersebut ingin menjadi arus utama.

Banyak undang-undang blockchain kontemporer terburu-buru dan tidak pas, misalnya, menunjukkan bahwa legislator perlu mendekati kembali teknologi dengan pemahaman yang lebih baik jika mereka memasukkan blockchain ke dalam ekonomi modern. Dalam banyak kasus, pelobi yang mungkin tidak memiliki niat terbaik dalam pikiran untuk masa depan blockchain sering terlibat dalam pembuatan peraturan yang mengaturnya. Aktor keuangan arus utama yang merasa terancam oleh buku besar digital terdesentralisasi juga telah mengambil langkah untuk menodai nama blockchain di mata publik, meskipun para pendukungnya telah melakukan pekerjaan yang sangat baik melawan kampanye kotor ini.

Pengkritik dan penggemar teknologi akan memperdebatkan apakah blockchain masih relevan hingga akhir zaman. Yang benar-benar penting adalah apa yang dipikirkan konsumen dan investor. Sejauh ini, kebanyakan orang telah mendengar tentang blockchain tetapi mungkin sedikit atau tidak memiliki pemahaman tentang cara kerjanya. Ini cukup standar – sedikit, jika ada, keajaiban teknologi benar-benar dipahami dengan baik oleh mayoritas populasi sehari-hari. Yang penting adalah jika mereka yang mengembangkan teknologi blockchain dan membentuk perusahaan berbasis blockchain dapat membuktikan kepada pelanggan bahwa kehidupan mereka akan jauh lebih baik jika mereka menerima revolusi blockchain.

Sejauh ini, tampaknya ada sedikit keberuntungan di front itu, yang merupakan salah satu alasan utama kita harus mengharapkan layanan blockchain untuk terus tersandung selama beberapa tahun sebelum benar-benar lepas landas.

Tantangan penskalaan blockchain

Tidak masalah jika beberapa konsumen terkesan dengan blockchain jika pendukungnya tidak mampu meningkatkan layanan mereka ke titik di mana mereka dapat menangani khalayak luas. Masalah penskalaan abadi Blockchain telah menjadi salah satu rintangan utama dalam jalurnya menuju penerimaan umum. Ketika datang untuk menaklukkan pasar internasional, khususnya, layanan blockchain perlu membuktikan kepada investor asing bahwa mereka dapat meningkatkan operasi mereka jika mereka menerima dana awal yang seringkali sangat mereka butuhkan.

Juga bermanfaat untuk bertanya apakah perhatian publik dapat membantu atau menghambat kelanjutan pengembangan blockchain. Sekarang orang yang relatif lebih sedikit mendengar tentang blockchain daripada hanya beberapa bulan yang lalu, masuk akal bahwa gebrakan investor di sekitar teknologi bisa perlahan tapi pasti memudar. Namun demikian, kurangnya minat publik dalam teknologi pemula tidak selalu menjamin kurangnya peluang keuangan; banyak perawatan medis pemula, misalnya, benar-benar tidak diketahui oleh publik tetapi masih menerima jutaan dalam pendanaan oleh investor spesialis yang tahu kuda mana yang akan kembali jika mereka ingin pengembalian investasi mereka.

Blockchain tidak akan dapat diskalakan dan investor tidak akan mau mendekatinya dengan sungguh-sungguh sampai masalah pertanggungjawabannya diselesaikan, jadi jangan berpikir teknologi memiliki cara yang sangat mudah untuk maju. Saat ini, sifat terdesentralisasi dari teknologi blockchain adalah apa yang membuatnya begitu menarik bagi orang-orang di tempat pertama, tetapi kurangnya otoritas pemerintah pusat untuk layanan blockchain dapat menghasilkan sejumlah besar pertanyaan seputar kewajiban. Jika sebuah bisnis bergantung pada layanan blockchain yang gagal menepati janji-janjinya, misalnya, bagaimana mereka dapat yakin bahwa pencela mereka akan dimintai pertanggungjawaban kepada aturan hukum? Demikian pula dengan cryptocurrency yang mereka aktifkan, penyedia layanan blockchain perlu menavigasi pertanyaan kewajiban yang tidak pasti (dan mahal) dalam waktu dekat jika mereka menginginkannya bertahan lama.

Bisnis akan menyediakan masa depan blockchain

Banyak keajaiban teknologi tidak dipelopori oleh industri yang sudah ada tetapi muncul karena segelintir inovator yang berkomitmen ingin mereka ada. Akan tetapi, ketika datang ke blockchain, bisnis akan terus menyediakan masa depan teknologi. Sebagai sebuah survei blockchain baru-baru ini yang dilakukan oleh Deloitte menunjukkan, misalnya, pengakuan bersama bahwa blockchain adalah nyata telah menyapu seluruh sektor bisnis di setiap tingkatan. Eksekutif dan pekerja magang sama-sama terguncang oleh obrolan tentang teknologi ini, bahkan ketika media utama arus utama mengabaikannya, dan kita dapat mengharapkan mereka untuk mendorongnya ke depan untuk masa mendatang.

Bisnis-bisnis ini yang merangkul blockchain akan memainkan peran utama dalam membentuk lingkungan regulasi yang akan dipaksa oleh para wirausahawan blockchain di masa depan ketika mereka berusaha membangun kerajaan komersial untuk diri mereka sendiri. Mungkin itu sebabnya sangat penting bagi mereka yang menjadi bagian dari sektor swasta untuk membiasakan diri dengan seluk beluk desentralisasi, karena jika gagal melakukannya bisa jadi akan menghancurkan tujuan komersial masa depan mereka. Ahli teknologi perlu bersedia untuk memberikan bantuan di sepanjang jalan, namun, karena kepentingan komersial saja tidak pernah dapat benar-benar menentukan bagaimana dan mengapa teknologi baru sedang dikembangkan.

Transparansi adalah kunci menuju masa depan blockchain

Dari semua alasan yang dibahas sebelumnya mengapa waktu blockchain belum tiba, beberapa dari mereka memegang lilin dengan fakta bahwa transparansi adalah masa depan ekonomi politik kita, dan layanan blockchain dapat memberikan transparansi tembus pandang seperti yang lain. Pembayaran Blockchain mudah diaudit dan dapat dilacak, tetapi pengguna dapat mempertahankan pseudo-anonimitas mereka yang sangat disukai dan dihargai oleh banyak orang. Kerangka kerja identifikasi mungkin menjadi lebih penting seiring berjalannya waktu, terutama jika sistem keuangan modern terus menolak layanan blockchain, sehingga pendukung harus berdebat di antara mereka sendiri tentang bagaimana cara terbaik membangun sistem ID seperti itu tanpa merusak kedekatan blockchain.

Mencoba menavigasi persimpangan transparansi yang memusingkan, anonimitas, dan identitas tidak akan mudah, itulah sebabnya kita dapat mengharapkan layanan blockchain memakan waktu beberapa tahun lagi sebelum mereka benar-benar menjadi milik mereka. Akan bodoh jika berpendapat bahwa blockchain tidak mampu melakukan perubahan; evolusi teknologi adalah norma sejarah, dan mereka yang berdiri untuk meraup keuntungan besar dari menjamurnya teknologi blockchain akan memastikan bahwa itu menjadi cocok untuk penggunaan umum lebih cepat daripada nanti. Namun demikian, mereka yang mengharapkan blockchain untuk segera berkembang harus memahami bahwa beberapa hambatan penting harus terlebih dahulu dilampaui. Secara keseluruhan, waktu blockchain belum tiba, tetapi kami belum dapat menghitung teknologi yang mengesankan dulu.

Topic:

Just For You