Disdukcapil Purwakarta Jemput Bola Untuk Kartu Identitas Anak (KIA)

Cidahu.com – Disdukcapil Kabupaten Purwakarta terus mengoptimalkan pelayanan administrasi kependudukan salah satunya adalah Kartu Identitas Anak (KIA). Bahkan hingga akhir tahun ini sudah ribuan anak di Purwakarta yang memiliki kartu identitas berwarna merah muda tersebut.

Menurut Nurrohman, Pelaksana Bidang PIAK Disdukcapil Purwakarta, dari 300 ribu anak yang terdata, pihaknya menargetkan 50 ribu anak pertahun di Purwakarta bisa memiliki kartu identitas.

“Target 50 ribu anak, dari 300 ribu karena dengan KIA akan memiliki banyak manfaat, karena Kartu Identitas Anak merupakan hak anak,” jelasnya ketika di Purwakarta. Rabu (11/12/2019).

Untuk memudahkan pola pendistribusian serta perekaman, pihaknya sedang menyusun pola, yaitu dengan memanfaatkan Gempungan atau jemput bola ke sekolah – sekolah.

“Kita sedang godok, karena kan tidak mungkin yang di wilayah harus datang kesini (kantor Disdukcapil), sehingga polanya kita jemput bola,” katanya.

Untuk mendapatkan KIA sendiri, menurutnya ada persyaratan wajib yang harus dipenuhi, yaitu Fotocopy Kartu Keluarga, Fotocopy KTP orang tua dan Fotocopy Akta Kelahiran Anak.

“Persyaratannya cukup mudah,nanti anak akan mendapatkan kartu setelah diproses,” jelasnya.

Sedangkan menurut Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Purwakarta. Wilman Sulaeman mengatakan keberadaan KIA memiliki banyak manfaat, selain identitas anak kartu tersebut menunjang berbagai program.

“Daftar sekolah keperluan lainnya perbankan, beli tiket, serta daftar BPJS,” ungkapnya.

Selain itu dengan keberadaan KIA yang sudah dimiliki anak – anak di Purwakarta, salah satu target dalam menerapkan kota ramah anak.

Adapun untuk mendapatkan kartu tersebut, pihaknya masih melakukan prioritas yaitu untuk anak usia 5 – 15 tahun.

“Ribuan yang sudah dapatkan, tapi kita prioritaskan dahulu untuk anak 5 – 15 tahun untuk mendapatkan KIA,” katanya.(ADV)

Topic:

Just For You